Metode Ceramah dan Demonstrasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Metode Demonstrasi dapat mengurangi waktu yang biasa dipakai pengajar untuk "menerangkan" menjadi "memperlihatkan" sesuatu kepada peserta didik.
Keuntungan metode demonstrasi, disamping informasi menjadi bermakna dan cepat dimengerti, juga mengurangi kesalahpahaman peserta didik terhadap konsep atau prosedur yang baru diajarkan.
Metode Ceramah yang dikombinasikan dengan Metode Demonstrasi cocok untuk mengajar keterampilan. Pada mata kuliah kesehatan gigi misalnya, untuk menjelaskan cara menyikat gigi yang baik dan benar, pengajar dapat menerangkan dan memperlihatkan urutan cara menyikat gigi yang baik dan benar dengan cara demonstrasi menggunakan alat peraga.
Untuk kelancaran pemakaian metode demonstrasi, tahap-tahap atau prosedur aktivitas yang akan didemonstrasikan disajikan secara tertulis sehingga peserta didik dapat memfokuskan perhatian pada demonstrasi yang disajikan.
Disamping itu, pelaksana demonstrasi juga harus memiliki kesiapan dan keterampilan dalam mendemonstrasikan materi yang diajarkan. Mengapa peserta didik perlu memiliki kesiapan dan keterampilan...? Hal ini untuk menghindari kebingungan dan kesalahpahaman mahasiswa terhadap konsep yang dipelajari.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :