Metode Ceramah dan Media Instruksional

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penelitian membuktikan bahwa konsentrasi mahasiswa akan menurun dengan cepat setelah ia ,mendengarkan ceramah lebih dari 20 menit secara terus menerus (E.J. Thomas, 1972).
Media visual seperti Over Head Projector (OHP), dan papan tulis dapat mengurangi menurunnya konsentrasi belajar peserta didik dalam mendengarkan ceramah. Selain itu dengan menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan media visual, daya ingat peserta didik terhadap materi yang baru menjadi meningkat.
Untuk memudahkan dan mengarahkan konsentrasi peserta didik, tulisan yang ditulis pada papan tulis atau pada Over Head Transparencies (OHT) harus terbaca oleh semua mahasiswa. Untuk panjang ruangan kurang lebih 7 meter maka tinggi huruf kira-kira 1 cm. Dan hanya hal-hal pokok saja yang dituliskan di papan atau di OHT, bukan kalimat-kalimat panjang dan lengkap.
Media visual lain yang dapat dipakai sewaktu berceramah adalah : video, film, slide, peta, benda hidup atau benda konkrit, dan lain-lain. Hand-outs juga media visual yang membantu peserta didik untuk lebih berkonsentrasi terhadap isi ceramah. Melalui hand-outs, peserta didik dapat memusatkan perhatian pada materi melalui penjelasan pengajar, dan tidak menjadi sibuk mencatat.
Sumber Tulisan :
Lily Budiardjo, 2006, Hakikat Metode Instruksional, Buku Acuan, Program Pekerti, P2P Universitas Negeri Jakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :