Metode Ceramah dan Sumbang Saran

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Sumbang Saran adalah metode yang dapat mendorong keberanian peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
Hal ini karena metode sumbang saran memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bebas memberikan pendapat tanpa harus takut bahwa kualitas pendapatnya dievaluasi. Artinya, sewaktu peserta didik memberikan pendapat, pendapat tersebut ditampung dan ditulis dipapan tulis tanpa diberi tanggapan. Dengan demikian peserta didik tidak takut salah dan termotivasi untuk aktif.
Setelah pendapat atau saran dari peserta didik dirasa cukup, pengajar dapat mulai menerangkan konsep atau prosedur yang akan diajarkan dengan menggunakan pendapat atau saran dari peserta didik tersebut.
Contohnya, sebelum menerangkan perbedaan pidana kurungan dan penjara, pengajar dapat meminta pendapat peserta didik tentang perbedaan kedua konsep tersebut dan mencatat semua pendapat dipapan.
Setelah jumlah pendapat atau saran cukup atau peserta didik tidak lagi memberikan pendapat, pengajar dapat menggunakan saran atau pendapat tersebut untuk menjelaskan perbedaan dengan menggunakan metode ceramah.
Keuntungan Metode Ceramah dan Sumbang Saran dalam proses belajar mengajar bagi perserta didik adalah proses belajar mengajar dimulai dari pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik sehingga belajar menjadi lebih cepat karena informasi mudah dimengerti oleh peserta didik.
Sumber Tulisan :
Lily Budiardjo, 2006, Hakikat Metode Instruksional, Buku Acuan, Program Pekerti, P2P Universitas Negeri Jakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :