Falsafah Total Quality Management berfokus pada pernyataan “Do the right things, first time, every time”, yang mempunyai arti kerjakan sesuatu yang benar sejak pertama kali, setiap waktu.
1. Fokus kepada pelanggan, baik itu pelanggan internal maupun pelanggan eksternal.
2. Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas atau mutu.
3. Mempergunakan pendekatan yang ilmiah dalam pengambilan keputusan dan dalam pemecahan masalah.
4. Memiliki komitmen jangka panjang.
5. Membutuhkan kerjasama tim atau teamwork.
6. Memperbaiki proses secara berkesinambungan.
7. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.
8. Memberikan kebebasan yang terkendali.
9. Memiliki kesatuan tujuan.
Prinsip dan Unsur Pokok Total Quality Management dalam Usman (2010) adalah sebagai berikut :
1. Kepuasan Pelanggan
Mutu tidak hanya bermakna kesesuaian dengan spesifikasi-spesifikasi tertentu, tetapi mutu itu ditentukan oleh pelanggan (internal maupun eksternal). Kepuasan pelanggan harus dipenuhi dalam segala aspek, termasuk harga, keamanan, dan ketepatan waktu.
2. Respek Terhadap Setiap Orang
Setiap karyawan dipandang sebagai individu yang memiliki talenta dan kreativitas tersendiri yang unik serta paling bernilai, sehingga perlu diperlakukan oleh organisasi secara baik dan memberinya kesempatan dalam pengembangan diri dan berpartisipasi dalam tim pengambilan keputusan.
3. Manajemen Berdasarkan Fakta
Artinya bahwa setiap keputusan organisasi harus didasarkan pada data bukan pada feeling atau perasaan.
4. Perbaikan Terus Menerus
Perbaikan yang terus menerus merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah lembaga dan konsep yang berlaku disini adalah siklus Plan, Do, Check, Act (PDCA).
Demikianlah sekilas tentang Karakteristik Total Quality Management, Prinsip dan Unsur Pokok Total Quality Management (TQM), semoga bermanfaat.