Pengertian Total Quality Management (Manajemen Mutu Terpadu)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu merupakan suatu pendekatan manajemen yang pertama kali muncul di USA, akan tetapi setelah itu diorganisasikan dan dilaksanakan pada beberapa perusahaan Jepang.
Pelopor TQM atau Total Quality Management adalah dua tokoh yaitu Edward W. Deming dan Joseph M. Juran.
Organisasi-organisasi yang menganut konsep TQM melihat mutu sebagai sesuatu yang didefinisikan oleh pelanggan-pelanggan mereka. Pelanggan dianggap sebagai penilai mutu suatu jasa atau produk dan institusi sendiri tidak akan mampu bertahan tanpa pelanggan.
Pengertian TQM (Total Quality Management) menurut Sallis adalah filosofi tentang perbaikan secara terus menerus yang dapat memberikan seperangkat alat praktis kepada setiap organisasi dalam memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya, pada saat ini dan pada masa yang akan datang.
Pengertian TQM (Total Quality Management) menurut Tjiptono dkk adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya.
Demikianlah sekilas tentang Pengertian Total Quality Management (Manajemen Mutu Terpadu) semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :