Setiap Orang Mempunyai Tingkat Kebutuhan Berbeda...Mengapa?

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebutuhan Manusia atau seseorang antara yang satu dengan yang lainnya sudah pasti berbeda-beda. Wujud sebagai manusia memang sama, akan tetapi dalam hal keadaan manusia itu berbeda-beda sehingga dalam eksistensinya mempertahankan hidup masing-masing akan memunculkan kebutuhan yang berbeda-beda.
Tingkat kebutuhan yang berbeda terkait erat dengan keadaan dan keinginan seseorang. Seseorang yang memiliki keinginan namun keadaan tidak mendukung maka kebutuhan yang diinginkan tidak akan tercapai. Ada seseorang yang dengan mudah mencukupi kebutuhannya, ada pula seseorang yang dengan susah payah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mempunyai tingkat kebutuhan berbeda diantaranya adalah :
a. Keadaan Tingkat Ekonomi
Seseorang yang memiliki tingkat ekonomi tinggi dan memadai biasanya cenderung memiliki keinginan yang tinggi pula. Kebutuhan seseorang dengan tingkat ekonomi tinggi lebih tertuju pada pemenuhan kesenangan dan cenderung kearah prestise, contohnya pemenuhan kebutuhan akan sekolah tinggi diluar negeri, kebutuhan akan rumah dan mobil mewah dan seabrek kesenangan-kesenangan lainnya. 
Sebaliknya masyarakat dengan tingkat ekonomi yang rendah cenderung dan sibuk melakukan pemenuhan kebutuhan yang bersifat primer, sesekali dapat memenuhi kebutuhan sekunder bisa menjadi sumber kesenangannya dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan tersier biasanya jauh dari pemikirannya. Jadi kesimpulannya kebutuhan manusia berbeda-beda jika ditinjau dari keadaan dan tingkat ekonomi adalah seseorang dengan keadaan ekonomi yang mapan dan tinggi maka akan mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang relatif lebih banyak dibandingkan kebutuhan dari seseorang dengan tingkat ekonomi rendah.
b. Keadaan Tingkat Sosial dan Kebudayaan
Seseorang dengan tingkat sosial terpandang maka akan menghadapi situasi yang banyak menimbulkan kebutuhan untuk dipenuhi. Baik itu kebutuhan yang merupakan keinginannya maupun kebutuhan yang ditujukan kepada dirinya yang datang dari lingkungan sosialnya. Tuntutan untuk mempunyai kebutuhan yang banyak dari seseorang dengan tingkat sosial terpandang atau tinggi merupakan akibat dari interaksi sosial yang luas dalam kehidupannya. Sebaliknya seseorang dengan tingkat sosial yang rendah maka akan memiliki tingkat kebutuhan yang lebih sedikit, hal ini dikarenakan tuntutan dari luar yaitu lingkungan sosialnya tidak begitu tinggi dan banyak. Kebudayaan juga menjadi pemicu banyak sedikitnya kebutuhan ataupun berbedanya kebutuhan antara satu orang dengan yang lainnya. Seseorang yang hidup dipedesaan yang terbiasa dengan budaya yang sederhana maka akan mengakibatkan tingkat kebutuhan yang menuntut untuk dipenuhi juga sederhana atau tidak banyak. Sebaliknya seseorang yang tinggal diperkotaan dengan budaya yang sangat kompleks maka akan mengakibatkan timbulkan kebutuhan yang semakin tinggi pula.
c. Keadaan Fisik dan Jenis Kelamin
Seorang laki-laki secara normal akan memiliki tingkat kebutuhan yang relatif lebih rendah dari seorang perempuan. Sifat laki-laki-laki yang apa adanya dan tidak banyak menuntut akan menimbulkan kebutuhan yang lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang memang karena keadaannya sudah menuntut untuk mendapatkan kebutuhan yang lebih banyak. Contohnya banyak wanita yang shopaholic atau gemar berbelanja namun jarang kita temui seorang laki-laki yang gemar belanja. Tuntutan-tuntutan kebutuhan pada laki-laki dan perempuan tidak semata-mata karena keinginan, tetapi banyak faktor yang menyebabkan diantaranya adalah sebuah keharusan.
d. Keadaan Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan sangat berpengaruh akan perbedaan kebutuhan antara seseorang dengan orang yang lainnya. Tuntutan kebutuhan akan semakin tinggi jika seseorang memiliki pendidikan yang tinggi, begitupun tingkat kebutuhan pada orang dengan pendidikan rendah akan lebih rendah pula kebutuhannya. Contohnya seseorang dengan pendidikan tinggi akan menghabiskan banyak peralatan tulis dalam kehidupannya sedangkan seseorang dengan pendidikan rendah akan cenderung lebih sedikit.
e. Adanya Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Coba anda lihat pelajar-pelajar diperkotaan, apa yang ia tenteng...? Gadget-gadget cangginh sudah merupakan kebutuhan dan keharusan untuk dimiliki. Coba anda lihat pelajar-pelajar dari pedesaan, apa yang ia tenteng...? sebagian besar pastinya adalah peralatan standar kesekolah. Saat ini kemajuan iptek sudah sangat pesat, coba anda lihat merk apa handphone yang dipegang para penggilanya, bedakan dengan seseorang yang bukan penggila handphone. Dengan demikian maka semakin seseorang mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maka kebutuhannya akan semakin banyak dibandingkan yang hanya sekedar tahu dan tidak mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Itulah mengapa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda...Cukup sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :