Macam-Macam Barang dan Pengertiannya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Barang-barang kebutuhan manusia sangat banyak, saking banyaknya kebutuhan manusia akan barang tidaklah mungkin bisa kita hitung barang-barang yang dibutuhkan oleh manusia. Barang-barang kebutuhan manusia ada yang diperoleh dengan mudah, ada yang diperoleh dengan susah payah tergantung macam barang dan cara mendapatkannya.
Berikut ini macam-macam barang yang menjadi kebutuhan manusia dan pengertiannya :
1. Barang Ekonomi
Pengertian barang ekonomi adalah barang yang menjadi kebutuhan manusia tetapi memiliki jumlah yang terbatas, sehingga jika akan memperolehnya perlu usaha dan pengorbanan. Contoh barang ekonomi adalah rumah, jika anda menginginkan sebuah rumah maka anda harus membelinya dan untuk mendapatkan alat belinya maka anda harus berusaha dan berkorban untuk mendapatkannya.
2. Barang Bebas
Pengertian barang bebas adalah barang yang menjadi kebutuhan manusia tetapi memiliki jumlah yang banyak sehingga jika akan memperolehnya tidak diperlukan usaha dan pengorbanan. Contoh Barang bebas adalah air, jika anda bertempat tinggal didaerah danau maka untuk memenuhi kebutuhan air tidak perlu membeli dan dapat mengambil sebanyak-banyaknya.
3. Barang Ilith
Pengertian barang ilith adalah barang yang menjadi kebutuhan manusia tetapi memiliki jumlah yang sangat banyak dan berlebihan sehingga keberadaan barang ini menjadi membahayakan dan mengancam kelangsungan hidup. Contoh barang ilith adalah api itu jika kecil jadi kawan besar jadi lawan. Artinya api kecil disekitar kita sangat kita perlukan, tatkala api menjadi besar dan berlebihan maka kebakaranlah yang terjadi.
4. Barang Subtitusi
Pengertian barang subtitusi adalah barang yang menjadi kebutuhan manusia, dimana barang ini penggunaannya dapat saling menggantikan dalam hal peruntukannya. Contoh barang subtitusi adalah sepeda, dimana sepeda ini dapat menggantikan fungsi sepeda motor untuk pengangkut barang.
5. Barang Komplementer
Pengertian barang komplementer adalah barang yang menjadi kebutuhan manusia, dimana barang ini dapat digunakan apabila didukung oleh barang lain. Contoh barang komplementer adalah mobil. Sebuah mobil akan berjalan apabila didukung oleh mesin dan barang-barang lainnya.
6. Barang Konsumsi
Pengertian barang konsumsi adalah barang kebutuhan manusia yang dapat dikonsumsi atau dipergunakan secara langsung. Contoh barang konsumsi adalah makanan dan buah-buahan.
7. Barang Produksi
Pengertian barang produksi adalah barang kebutuhan manusia yang harus melalui proses pengolahan atau proses produksi sebelum dipergunakan. Contoh barang produksi adalah wol, wol akan dapat kita pergunakan sebagai pakaian setelah di pintal dan diproses.
8. Barang Bergerak
Pengertian barang bergerak adalah barang kebutuhan manusia yang dipergunakan untuk mendapatkan kredit atau pinjaman jangka pendek. Contoh barang bergerak adalah BPKB kendaraan.
9. Barang Tidak Bergerak
Pengertian barang tidak bergerak adalah barang kebutuhan manusia yang dipergunakan untuk mendapatkan kredit atau pinjaman jangka panjang. Contoh barang tidak bergerak adalah tanah.
10. Barang Mentah
Pengertian barang mentah adalah barang kebutuhan manusia yang dapat dipergunakan setelah diolah dan diproses terlebih dahulu. Contoh barang mentah adalah batang sagu menjadi tepung sagu.
11. Barang Setengah Jadi
Pengertian barang setengah jadi adalah barang kebutuhan manusia yang sudah diolah tetapi untuk dapat dipergunakan perlu diolah dan diproses lebih lanjut. Contoh barang setengah jadi adalah tepung sagu dibuat kue.
12. Barang Jadi
Pengertian barang jadi adalah barang kebutuhan manusia yang langsung dapat dipergunakan atau konsumsi. Contoh barang jadi adalah kue sagu.
Itulah macam-macam barang dan pengertiannya yang dapat saya jelaskan...Semoga bermanfaat...Terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :