Prinsip-Prinsip Ekonomi Dalam Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebutuhan manusia akan barang dalam kelangsungan hidupnya membutuhkan kegiatan ekonomi agar kebutuhan-kebutuhannya terpenuhi. Selama kita hidup kita akan menjadi pelaku ekonomi dengan kegiatan ekonomi yang bebeda-beda karena arah dan tujuan pemenuhan ekonomi antara satu orang dengan yang lainnya berbeda.
Meskipun kegiatan ekonomi setiap orang berbeda tetapi secara umum prinsip-prinsip ekonominya sama. Coba anda perhatikan ciri-ciri dari prinsip kegiatan ekonomi berikut ini :
a. Pelaku ekonomi selalu mengutamakan memenuhi kebutuhan utama yang paling mendesak dibutuhkan.
b. Pelaku ekonomi akan selalu bersikap hemat dan tidak boros.
c. Pelaku ekonomi selalu mengutamakan pemikiran yang matang dalam kegiatan ekonominya.
d. Pelaku ekonomi selalu mempertimbangkan untung dan rugi dalam kegiatan ekonominya.
Setujukah anda dengan keempat ciri prinsip ekonomi di atas...? Apakah anda sebagai pelaku ekonomi tidak menjalankan ciri prinsip ekonomi diatas...? Seorang pelaku ekonomi dalam menjalankan kegiatan ekonominya pasti akan mempertimbangkan dan mempergunakan ciri prinsip ekonomi diatas...Anda setuju...?
Lebih lanjut, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi meliputi kegiatan utama yaitu kegiatan produksi, kegiatan distribusi dan kegiatan konsumsi.
a. Kegiatan Produksi (Production)
Pengertian produksi kegiatan ekonomi untuk menciptakan dan menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan tujuan mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya. Pelaku ekonomi yang memproduksi barang atau jasa disebut produsen.
b. Kegiatan Distribusi (Distribution)
Pengertian distribusi adalah kegiatan ekonomi untuk menyalurkan barang dari produsen ketangan pengguna atau konsumen untuk dikonsumsi atau dipergunakan. Pelaku ekonomi yang mendistribusikan barang atau disebut distributor.
c. Kegiatan Konsumsi (Consumption)
Pengertian konsumsi adalah kegiatan ekonomi untuk menghabiskan atau mempergunakan nilai barang atau jasa. Pelaku ekonomi yang mengkonsumsi barang atau jasa disebut konsumen.
Itulah Prinsip-Prinsip Ekonomi Dalam Produksi, Distribusi dan Konsumsi beserta Ciri-Ciri Ekonomi yang dapat saya jelaskan...Semoga bermanfaat...Terima Kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :