Penyakit Flu Pilek Ternyata dapat Menyebabkan Kematian

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Setiap orang pasti pernah terserang penyakit flu atau influenza, ya kan...?
Jika anda ingin tahu tentang bahaya flu (influenza) baca artikel berikut ini. 
Penyakit Flu atau Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA yang menginfeksi saluran pernapasan dari hewan, burung, dan manusia. Jika virus flu ini menginfeksi kita, hasil infeksi biasanya ditandai dengan adanya demam, batuk, sakit kepala, dan malaise (lelah, kurang berenergi), kadang juga timbul sakit tenggorokan, mual, muntah, dan diare. 
flu burung
Gambar : www.tuoitrenews.vn
Gejala sakit flu biasanya sekitar satu sampai dua minggu dan kemudian sembuh tanpa masalah. Meskipun sakit flu atau pilek atau influenza ini sering kita sepelekan, ternyata Infeksi virus flu ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah dengan tingkat kematian sekitar 0,1% dari orang yang terinfeksi virus. 
Penyakit flu yang sering kita derita ini juga bisa menjadi wabah, dimana banyak orang yang terinfeksi.Wabah ini biasanya disebut epidemi. Wabah di seluruh dunia yang luar biasa parah (pandemi) telah terjadi beberapa kali dalam seratus tahun terakhir sejak virus influenza diidentifikasi pada tahun 1933. 
Pandemi influenza terburuk pernah terjadi, yang disebut flu Spanyol atau influenza Spanyol yang terjadi pada tahun 1918, ketika itu virus menyebabkan 40-10 juta kematian di seluruh dunia, dengan angka kematian diperkirakan berkisar 2% -20%. 
Pada bulan April 2009, terjadi serangan influenza baru di Meksiko. Virus ini kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh dunia, dan WHO menyatakan ini sebagai flu baru (yang disebut H1N1 atau flu babi). Untungnya pada saat itu ada respon cepat di seluruh dunia yaitu dengan produksi vaksin, praktik-praktik kebersihan yang baik (terutama mencuci tangan), sehingga akibat virus ( H1N1 ) tidak terlalu banyak memakan korban jiwa. Pandemi Virus H1N1 dinyatakan oleh WHO berakhir pada 10 Agustus 2010.
Selanjutnya terjadi lagi serangan influenza baru yaitu H3N2, diidentifikasi pada tahun 2011, jenis virus ini telah menyebabkan sekitar 330 tinfeksi dengan satu kematian di Amerika Serikat.
Yang mengejutkan adalah serangan virus H5N1 atau virus flu burung, yang sebenarnya telah diidentifikasi sejak tahun 2003. Diluar dugaan virus ini cepat sekali menyebar dan menginfeksi hampir diseluruh dunia, virus ini menyebabkan orang yang terinfeksi H5N1 memiliki tingkat kematian yang tinggi (sekitar 60%), namun demikian sebenarnya virus H5N1 ini tidak mudah ditransfer dari orang ke orang seperti virus flu lainnya. 
Ada lagi yang di sebut Haemophilus influenzae adalah bakteri yang dianggap penyebab flu tapi sebenarnya salah. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi paru-paru pada bayi dan anak-anak, dan kadang-kadang infeksi telinga, mata, sinus, sendi, dan infeksi lainnya, tetapi tidak menyebabkan flu. Istilah yang membingungkan lainnya adalah flu perut. Istilah ini mengacu pada infeksi saluran pencernaan, bukan infeksi pernafasan seperti influenza (flu), flu perut (gastroenteritis) tidak disebabkan oleh virus influenza. 
Jangan anggap enteng virus flu ini karena dapat mengancam jiwa kita, infeksi yang berat oleh virus influenza nyatanya dapat menyebabkan pneumonia atau bahkan kematian.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :