Diabetes Mellitus Tipe 1 dan Pengobatannya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Who mengklasifikasikan bentuk diabetes berdasarkan perawatannya : Diabetes Mellitus Tipe 1, Diabetes Mellitus Tipe 2, Diabetes Tipe 3.
Diabetes Mellitus

Berikut ini penjelasannya :
Diabetes Mellitus Tipe 1 atau IDDM (Insulin Dependent Diabetes Mellitus) adalah diabetes yang terjadi karena berkurangnya rasio insulin dalam sirkulasi darah yang diakibatkan hilangnya sel beta penghasil insulin. IDDM dapat diderita oleh anak-anak dan orang dewasa. Saat ini IDDM tidak dapat dicegah atau disembuhkan, bahkan dengan diet maupun olahraga.
Kebanyakan penderita diabetes tipe 1 memiliki kesehatan dan berat badan yang baik saat penyakit itu mulai dideritanya. Saat ini diabetes mellitus tipe 1 hanya dapat diobati dengan menggunakan therapy insulin dengan pengawasan yang teliti terhadap tingkat glukosa darah melalui alat monitor penguji gula darah.
Pengobatan dasar diabetes mellitus tipe 1, bahkan pada tahap awal sekalipun adalah pergantian insulin. Tanpa insulin diabetic ketoacidosis bisa menyebabkan koma bahkan bisa mengalami kematian. Penekanan disesuaikan dengan gaya hidup (diet dan olahraga) dan pemberian insulin 24 hari dengan dosis tertentu.
Perawatan diabetes mellitus tipe 1 harus berlanjut terus. Pada saat perawatan tidak akan mengurangi aktivitas normal apabila kesadarannya cukup, perawatan yang tepat dan kedisiplinan dalam pemeriksaan dan pengobatan yang dijalankan.
Tingkat glukosa rata-rata pada pasien diabetes tipe 1 harus sedekat mungkin dengan angka normal (80-120 mg/dl, 4-6 mmol/l). Apabila angka diatas 200 mg/dl (10 mmol/l) biasanya sering diikuti rasa tidak nyaman dan buang air kecil yang terlalu sering sehingga menyebabkan dehidrasi. Angka diatas 300 mg/dl (15 mmol/l) biasanya membutuhkan perawatan secepatnya sedangkan yang diatas angka normal (80 mg/dl - 200 mg/dl) perlu dilakukan rujukan. Tingkat glukosa yang rendah disebut hipoglisemia yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran.

Sumber :
Rudianto, B.F, 2013, Menaklukkan Hipertensi dan Diabetes (Mendeteksi, Mencegah, dan Mengobati dengan Cara Medis dan Herbal) Penerbit Sakkhasukma, Yogyakarta.
Susanto, G.W, 2011, Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :