Gingivitis dan Periodontitis : Pencegahan dan Pengobatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Penyakit Periodontal (Gingivitis dan Periodontitis) 
Apa itu Gingivitis dan Periodontitis ?
Gingivitis adalah bentuk ringan dari penyakit gusi, di mana gusi menjadi merah, bengkak, dan mungkin mudah berdarah. 
Periodontitis adalah kondisi kesehatan mulut yang jauh lebih serius di mana peradangan menyebar jauh di bawah garis gusi, melibatkan tulang dan tempat jaringan penyangga gigi. 
Periodontitis dapat menyebabkan soket dalam karena infeksi, hal ini dapat mengakibatkan hilangnya gigi dan tulang sekitarnya jika tidak diobati. Untungnya, ada beberapa prosedur yang tersedia untuk mengobati masalah-masalah kesehatan mulut, tergantung pada tingkat keparahan penyakit. 
Tujuan utama dari pengobatan penyakit periodontal adalah untuk mengontrol dan menghilangkan tartar (Karang Gigi / Kalkulus) dan infeksi bakteri di sekitar gigi dan di bawah gusi. 
gingivitis karang gigi periodontitis
Gambar : nishanhalimdmd.com
Bagaimana Mencegah Gingivitis ?
1. Sikat gigi sehabis makan. 
2. Menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari. 
3. Makan dengan diet seimbang. 
4. Hindari produk tembakau (Contohnya Rokok).
5. Periksa gigi secara teratur dan lakukan pembersihan. 
Perawatan Penyakit Periodontal 
1. Scaling dan root planing
Langkah pertama dalam mengobati penyakit periodontal adalah pembersihan karang gigi secara mendalam, juga dikenal sebagai scaling dan root planing. Dalam prosedur ini, dokter gigi, periodontist, akan menghilangkan tartar/karang gigi dan plak dari gigi. Kemudian root planing digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik kasar pada akar gigi daerah di mana bakteri terakumulasi. 
Dokter gigi juga dapat merekomendasikan obat untuk mengobati infeksi yang mungkin terjadi. Obat untuk infeksi adalah : 
1. Obat Kumur 
Adalah obat antimikroba yang dapat membantu mengontrol bakteri ketika merawat gingivitis dan setelah operasi gusi. 
2. Gel Antibiotik
Adalah sebuah gel yang mengandung antibiotik doxycycline yang juga dapat mengontrol bakteri yang menyebabkan gingivitis. Gel ini diberikan langsung pada soket sekitar gigi setelah pembersihan dan perlahan-lahan melepaskan obat dari waktu ke waktu selama satu minggu. 
3. Mikrosfer Antibiotik
Untuk mengontrol bakteri dan mengurangi ukuran soket, partikel bulat kecil yang mengandung minocycline, antibiotik yang mirip dengan doxycycline, dimasukkan ke dalam soket setelah pembersihan dan melepaskan obat dari waktu ke waktu. 
4. Irisan Tipis Klorheksidin
Adalah bagian kecil dari antiseptik-diisi gelatin yang ditempatkan di soket sekitar gusi setelah root planing. Fungsinya dapat membantu mengendalikan bakteri penyebab penyakit periodontal dan mengurangi ukuran soket, obat ini perlahan-lahan larut. 
5. Doxycycline Oral
Tindakan antibiotik ini sebagai penekan enzim yang mengganggu kerusakan jaringan bakteri. Doxycycline biasanya diresepkan pada tindakan selain pembersihan mendalam. 
Untuk kasus yang lebih lanjut atau parah dari periodontitis biasanya akan membutuhkan bedah mulut atau operasi. 
Ada dua jenis operasi untuk penyakit periodontal :
1. Pengurangan Saku Gusi / Pocket 
Tindakan ini juga dikenal sebagai flap surgery, prosedur ini dianjurkan ketika gusi telah terlepas dari gigi, membentuk kantong yang terlalu dalam. Yaitu melipat kembali jaringan gusi, menghilangkan bakteri, mengembalikan jaringan seperti semula.
2. Cangkok Jaringan dan Tulang
Tindakan operasi ini untuk mendorong kembali pertumbuhan jaringan gusi dan tulang yang dihancurkan oleh periodontitis. Salah satu prosedur ini adalah dengan menempatkan sepotong kecil kain jala antara gusi dan tulang, fungsinya untuk menjaga gusi agar tidak tumbuh pada bagian di mana harus ada tulang. Prosedur ini memungkinkan jaringan ikat dan tulang untuk tumbuh kembali. Cangkok jaringan lunak, dalam prosedur ini, jaringan gusi diambil dari langit-langit mulut (atau daerah lain) dan digunakan untuk menutupi akar. 
Semua perawatan ini biasanya memiliki hasil yang baik dan tidak memerlukan operasi lebih lanjut. Namun demikian pasien dengan penyakit periodontal akan membutuhkan terapi pemeliharaan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang intensif. 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :