Contoh Satuan Pembelajaran (SATPEL) Penyuluhan Kesehatan Gigi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
SATUAN PEMBELAJARAN (SATPEL)
PENYULUHAN
KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Oleh : Fastabiqul Hanif
Boneka Tangan

1. Bidang Studi : Pengetahuan  tentang  Kesehatan Gigi dan Mulut
2. Pokok Bahasan : Mengenal Kesehatan Gigi 
3. Sub Pokok Bahasan :
a. Struktur gigi
b. Jenis dan Fungsi  gigi
c. Gigi berlubang dan  Penyebabnya
d. Cara merawat kesehatan gigi
3. Sasaran : Siswa-siswi SD Islam Diponegoro Kelas III, IV dan V
4. Tempat : Ruang kelas
5. Waktu : + 15 Menit
6. Tujuan Umum :  
 Setelah penyuluhan selesai siswa diharapkan dapat memahami tentang kesehatan gigi dan mulut
Tujuan Khusus: :
a. Setelah penyuluhan selesai siswa diharapkan dapat menjelaskan struktur gigi.
b. Setelah penyuluhan selesai siswa diharapkan dapat menjelaskan jenis dan fungsi gigi.
c. Setelah penyuluhan selesai siswa diharapkan dapat menjelaskan gigi berlubang dan penyebabnya.
d. Setelah penyuluhan selesai siswa diharapkan dapat menjelaskan  cara merawat kesehatan gigi 

7. Materi
a. Pendahuluan
Assalammualaikum Wr. Wb
Selamat pagi adik-adik. Puji syukur kita panjatkan kehadiran ALLAH SWT, Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua dapat hadir ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Sebelum kita mulai kegiatan hari ini, ada baiknya saya mempekenalkan diri terlebih dahulu nama kakak Fastabiqul Hanif, adik-adik disini panggil kak hanif kedatangan kakak disini ingin memberikan penyuluhan yang mengenal kesehatan gigi Sebelumnya ada yang tahu mengapa kita harus menjaga kesehatan gigi kita?. Selain kesehatan tubuh kita juga harus memperhatikan kesehatan gigi kita.

b. Isi Materi 
Struktur gigi
Gigi dibedakan menjadi dua bagian yaitu bagian terlihat dan bagian yang tidak terlihat. Bagian terlihat disebut mahkota gigi sedangkan bagian yang tidak terlihat disebut akar gigi. Jaringan yang menutup akar gigi disebut gusi. Gigi tersusun atas lapisan-lapisan. Lapisan terluar pada bagian akar disebut sementum, lapisan kedua yang tidak kalah kuat disebut dentin. Lapisan terakhir adalah sebuah ruangan yaitu pulpa.pulpa berisi pembuluh darah, yang meemberi asupan nutri dan pembuluh syaraf yang berisi sensor kehidupan. Gigi yang tertanam dalam tulang alveolarr diikat oleh ligamen periodontal.

Jenis dan fungsi gigi
Gigi seri (Incisivus). Gigi yang berbentuk seperti pahat yang berfungsi untuk memotong makanan, gigi ini selalu terlihat dideretan depan saat kita tersenyum.
Gigi taring (Caninus). Gigi yang berada disebelah gigi seri ini berbentuk mata tombak, gigi taring merupakan gigi yang paling tajam dan berfungsi mengoyak makanan.
Gigi geraham kecil dan gigi geraham besar (Premolar dan molar)
Gigi yang cukup besar dan terletak dibelakang berfungsi menggiling makanan.

Gigi Berlubang (Karies Gigi) dan penyebabnya
  Pengertian Gigi Berlubang (Karies Gigi) adalah suatu kerusakan jaringan keras gigi (email, dentin dan sementum) yang bersifat kronis progesif dan disebabkan aktifitas jasad renik dalam karbohidrat yang dapat diragikan dengan demineralisasi jaringan keras dan diikuti kerusakan organik.
Penyebabnya Sisa makanan yang menempel pada gigi tempat kuman-kuman membentuk koloni sisa makanan + kuman membentuk endapan (plak) enzim yang mengubah karbohidrat menjadi asam melarutkan email gigi membentuk lubang yang sangat kecil lama-kelamaan apabila tidak menjaga kesehatan gigi akan besar dan berwarna hitam(terasa sakit).

Cara merawat kesehatan gigi
Ada lima cara merawat kesehatan gigi dan mulut 
a. Menyikat gigi pagi setelah bangun tidur setelah makan dan malam sebelum tidur.
b. Kurangi makan-makanan yang manis dan lengket seperti coklat, permen, biskuit dan perbanyak makan-makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
c. Menyikat gigi dengan cara yang benar.
d. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
e. Periksa gigimu kedokter gigi 6 bulan sekali.

c. Kesimpulan
Gigi dibedakan menjadi dua bagian yaitu bagian terlihat dan bagian yang tidak terlihat. Bagian terlihat disebut mahkota gigi sedangkan bagian yang tidak terlihat disebut akar gigi. Jaringan yang menutup akar gigi disebut gusi. Gigi tersusun atas lapisan-lapisan yaitu email, dentin dan pulpa. Jenis gigi dalam rongga mulut manusia yaitu gigi seri (Incisivus), gigi taring (caninus), gigi Geraham (premolar dan molar). Pengertian Gigi Berlubang (Karies Gigi) adalah suatu kerusakan jaringan keras gigi (email, dentin dan sementum) yang bersifat kronis, Penyebabnya Sisa makanan yang menempel pada gigi tempat kuman-kuman membentuk koloni sisa makanan + kuman membentuk endapan (plak) enzim yang mengubah karbohidrat menjadi asam melarutkan email gigi membentuk lubang yang sangat kecil lama-kelamaan apabila tidak menjaga kesehatan gigi akan besar dan berwarna hitam(terasa sakit). Ada lima cara merawat kesehatan gigi dan mulut: Menyikat gigi pagi setelah bangun tidur setelah makan dan malam sebelum tidur, Kurangi makan-makanan yang manis dan lengket seperti coklat, permen, biskuit dan perbanyak makan-makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, Menyikat gigi dengan cara yang benar, Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride serta Periksa gigimu kedokter gigi 6 bulan sekali.

d. Penutup
Demikanlah yang dapat kakak sampaikan. Semoga Adik – adik dapat mengerti dan memahami apa yang telah kakak sampaikan pada hari ini serta dapat termotivasi untuk menjaga dan memelihara kebersihan gigi dan mulut kita. Saya ucapkan terima kasih banyak atas waktu dan perhatian Adik – adik. Semoga apa yang saya sampaikan pada hari ini bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat kesalahan –kesalahan dalam penyampaiaan penyuluhan ini kakak mohon maaf sebesar – besarnya dan pada ALLAH SWT saya mohon ampun kakak akhiri dengan wabilahi taufik wahidayah wassalamualaikum wr wb.

8. Metode
Ceramah dan Tanya Jawab

9. Alat Peraga
Video
Boneka Tangan

10. Bahan dan Alat
Kuisioner
Alat Tulis

11. Sumber
Tarigan, R. 1995. Karies Gigi. Jakarta: Gramedia
Sariningsih, Endang.2012 . Merawat Gigi Anak Sejak Usia Dini. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :