Jenis Gigi, Fungsi Gigi dan Jumlah Gigi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jenis Gigi, Fungsi Gigi, dan Jumlah Gigi
Menurut bentuknya, gigi terbagi menjadi dua jenis yaitu Homodontal dan Heterodontal.
Homodontal merupakan bentuk gigi geligi yang sama dalam satu rongga mulut. Bentuk tersebut terdapat pada makhluk hidup contohnya seperti ikan dan burung. Sedangkan gigi geligi manusia termasuk jenis heterodontal, karena memiliki gigi geligi dengan berbagai bentuk dan fungsi.
Empat jenis gigi manusia tersebut adalah sebagai berikut :
1. Gigi Insisivus / Insisif
Gigi ini disebut juga dengan gigi seri. Fungsi gigi seri adalah untuk memotong atau mengiris makanan. Jumlah gigi seri pada anak-anak dan orang dewasa dalam setiap rahang adalah 8 gigi. Gigi seri ini pada anak-anak sering terkena rampan karies atau disebut juga gigis.
2. Gigi Kaninus
Gigi ini disebut juga dengan gigi taring. Gigi taring mempunyai permukaan atau berujung tajam. Fungsi gigi taring adalah untuk merobek makanan. Jumlah gigi kaninus atau gigi taring pada anak-anak dan orang dewasa dalam setiap rahang adalah 4 gigi.
3. Gigi Premolar
Gigi ini disebut juga dengan gigi geraham kecil. Fungsi gigi premolar atau geraham kecil adalah untuk merobek dan membantu mengunyah atau menggiling makanan. Jumlah gigi premolar pada orang dewasa sebanyak 8 gigi, sedangkan untuk anak-anak tidak mempunyai gigi premolar.
4. Gigi Molar
Gigi ini disebut juga gigi geraham besar. Fungsi gigi molar atau geraham besar adalah untuk mengunyah dan menggiling makanan. Jumlah gigi molar pada orang orang dewasa sebanyak 12 gigi, tapi kadangkala gigi molar 3 bisa saja tidak tumbuh dan seringkali juga ditemui gigi molar 3 tumbuh miring sehingga sering menimbulkan keluhan dan harus dicabut dengan jalan operasi. Sedangkan jumlah gigi geraham pada anak-anak berjumlah 8 gigi.
Gigi seri dan gigi taring mempunyai empat permukaan. Sementara gigi geraham besar dan kecil memiliki lima permukaan. Masing-masing permukaan gigi berbeda, maka berbeda pula bentuk anatomisnya. Sehingga hal ini menjadi ciri khas masing-masing gigi.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :