Pengertian Pulpitis dan Macam penyakit Pulpa

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian / Definisi Pulpitis adalah suatu radang yang terjadi pada jaringan pulpa gigi dengan gambaran klinik yang akut. Merupakan kelanjutan dari Hiperemi Pulpa, yaitu bakteri telah menggerogoti jaringan pulpa (Tarigan 2006).
Macam atau Klasifikasi Penyakit Pulpa menurut Walton dan Torabinejad (1998) adalah :
1. Pulpitis Reversibel
Adalah suatu kondisi inflamasi pulpa yang tidak parah. Jika penyebabnya dihilangkan, inflamasinya akan pulih kembali dan pulpa akan kembali normal. Penyebab Pulpitis Reversibel adalah stimuli ringan seperti karies insipien dan fraktur email yang mengakibatkan terbukanya dentin.
2. Pulpitis Irreversibel
Adalah inflamasi parah yang tidak akan pulih kembali sekalipun penyebabnya dihilangkan. Pulpa lambat atau cepat akan menjadi nekrosis.
Gejala pulpitis jenis ini menyebabkan episode nyeri spontan atau terus menerus tanpa ada stimulus eksternal.
3. Degenerasi Pulpa
Degenerasi pulpa biasanya terdapat pada gigi orang dewasa. Penyebabnya adalah iritasi ringan yang persisten pada saat muda. Degenerasi pulpa tidak selalu berhubungan dengan infeksi atau karies walaupun kadang-kadang terjadi pada gigi yang telah ditumpat. Jika degenerasi pulpa total, misalnya akibat trauma dan infeksi, gigi dapat berubah warna.
4. Nekrosis Pulpa
Adalah kematian pulpa gigi yang merupakan lanjutan dari radang pulpa akut maupun kronis atau terhentinya sirkulasi darah secara tiba-tiba akibat trauma. Nekrosis pulpa dapat mengenai sebagian atau seluruhnya bagian pulpa. Gigi yang nekrosis tidak terasa sakit, terlihat perubahan warna gigi,

Sumber Tulisan :
Tarigan, R., 2006, Perawatan Pulpa Gigi (Endodonti), EGC, Jakarta
Walton, R., Torabinejad, M., 1998, Prinsip dan Praktek Ilmu Endodonsi, EGC, Jakarta.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :