Ruang Lingkup Promosi Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Ruang lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek pelayanan kesehatan secara garis besarnya terdapat 2 jenis pelayanan kesehatan yaitu:
Promosi Kesehatan
a. Pelayanan preventif dan promotif
Adalah pelayanan bagi kelompok masyarakat yang sehat, agar kelompok ini tetap sehat dan bahkan meningkatkan status kesehatan. Pada dasarnya pelayanan ini dilaksanakan oleh kelompok profesi kesehatan masyarakat.
b. Pelayanan kuratif dan rehabilitatif
Adalah pelayanan kelompok masyarakat yang sakit, agar kelompok ini sembuh dari sakitnya dan menjadi pulih kesehatannya. Pada prinsipnya pelayanan jenis ini dilakukan kelompok profesi kedokteran.
Maka, berdasarkan jenis aspek pelayanan kesehatan ini promosi kesehatan mencakup 4 pelayanan yaitu :
a. Promosi Kesehatan pada Tingkat Promotif
Sasaran promosi kesehatan pada tingkat pelayanan promotif adalah pada kelompok orang sehat dengan tujuan agar mereka mampu meningkatkan kesehatannya.
b. Promosi Kesehatan Pada Tingkat Preventif
Sasaran pada tingkat ini adalah kelompok yang beresiko tinggi misalnya kelompok ibu hamil dan menyusui, para perokok, kelompok obesitas dan sebagainya. Tujuan utama promosi kesehatan pada tingkat ini adalah untuk mencegah kelompok-kelompok tersebut agar tidak terkena sakit.
c. Promosi Kesehatan Pada Tingkat Kuratif 
Sasaran promosi kesehatan pada tingkat ini adalah para penderita penyakit atau pada pasien. Tujuan promosi kesehatan pada tingkat ini agar kelompok ini mampu mencegah penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah.
d. Promosi Kesehatan Pada Tingkat rehabilitatif
Promosi kesehatan pada tingkat ini mempunyai sasaran kelompok penderita yang baru sembuh dari suatu penyakit. Tujuan utama promosi kesehatan pada tingkat ini adalah agar mereka ini segera pulih kembali kesehatannya atau mengurangi kecatatan seminimal mungkin (Notoatmodjo, 2005).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :