Definisi Perilaku Kesehatan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Perilaku Kesehatan (Notoatmodjo, 2005) adalah respons seseorang terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sehat-sakit, penyakit, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan, misalnya lingkungan, makanan, minuman dan pelayanan kesehatan.
bayi sehat
Atau dengan kata lain, perilaku kesehatan adalah semua aktivitas seseorang, baik yang dapat diamati (observable) maupun yang tidak dapat diamati (unobservable).
Perilaku Kesehatan dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
1. Perilaku orang yang sehat agar tetap sehat dan meningkat
Perilaku ini disebut perilaku sehat, yang mencakup perilaku-perilaku (overt dan covert behavior) dalam mencegah atau menghindar dari penyakit dan penyebab penyakit.
Contoh :
Makan dengan gizi yang seimbang, olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum minuman keras, menghindari gigitan nyamuk, menyikat gigi sebelum tidur dan setelah makan, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, dll.
2. Perilaku orang yang sakit 
Perilaku ini disebut health seeking behavior. Perilaku ini mencakup tindakan-tindakan yang diambil seseorang ketika sakit untuk memperoleh kesembuhan.
Contoh :
Berobat ke rumah sakit, klinik dll.
Perilaku Kesehatan yang dilakukan oleh seseorang terkait dengan pengetahuan, semakin baik pengetahuan seseorang maka akan baik pula perilaku kesehatannya.
Perilaku Kesehatan antara individu satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda karena dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya faktor ekonomi, faktor lingkungan, faktor sarana, dan pengetahuan itu sendiri.
Di era modern seperti sekarang ini dimana tuntutan aktivitas yang sangat banyak, seharusnya kita semua menyadari akan pentingnya kesehatan, sehingga akan tercipta perilaku kesehatan yang baik dan optimal, dengan demikian maka kondisi kesehatan kita akan lebih baik.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :