Pengertian Proses Sosialisasi Menurut Para Ahli

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Definisi Proses Sosialisasi
Manusia sebagai makhluk sosial sangat sulit dapat hidup tanpa orang lain dan seseorang sebagai makhluk sosial besar kemungkinan hanya dapat berkembang dalam kebersamaan dengan orang lain. Kehidupan bersama antar makhluk sosial dapat terwujud dengan baik melalui proses sosialisasi.
Proses Sosialisasi
Proses Sosialisasi secara terpisah terdiri dari dua suku kata yaitu proses dan sosialisasi. Pengertian proses adalah tahapan-tahapan dalam suatu peristiwa dalam pembentukan, sedangkan pengertian sosialisasi adalah suatu proses pembentukan sikap atau perilaku anak sesuai dengan perilaku atau norma-norma dalam kelompok atau keluarga. Dengan demikian pengertian proses sosialisasi adalah suatu tahapan-tahapan dalam pembentukan sikap atau perilaku seorang anak sesuai dengan perilaku atau norma-norma dalam kelompok atau keluarga.
Berikut ini definisi proses sosialisasi menurut para ahli :
1. Menurut Krathwohl (1981) 
Proses Sosialisasi adalah proses yang mengusahakan seseorang menjadi peka terhadap fenomena di masyarakat dan menyesuaikan diri serta berperilaku seperti orang lain dalam masyarakat kelompoknya atau kebudayaannya.

2. Menurut Laurence (1988)
Proses Sosialisasi adalah proses pendidikan atau latihan seseorang yang belum berpengalaman dalam suatu kebudayaan belajar dan berusaha menguasai kebudayaan sebagai aspek perilakunya.
3. Menurut Guire (1974)
Proses Sosialisasi adalah proses penyajian kemungkinan-kemungkinan perilaku seseorang dengan sanksi positif atau negatif yang akan menyebabkan penerimaan atau penolakan oleh orang lain.
4. Menurut Robert M.Z (1985)
Proses Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan berpartisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.

Sumber Tulisan :
Tim Abdi Guru, 2014, Geografi, untuk SMP Kelas VII, Penerbit Erlangga, Jakarta

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :