Faktor yang Mempengaruhi Pengetahuan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN
Menurut Notoatmodjo (2010) faktor yang mempengaruhi pengetahuan antara lain yaitu: 
1) Faktor Pendidikan 
Semakin tinggi tingkat pengetahuan seseorang, maka akan semakin mudah untuk menerima informasi tentang obyek atau yang berkaitan dengan pengetahuan. Pengetahuan umumnya dapat diperoleh dari informasi yang disampaikan oleh orang tua, guru, dan media masa. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan pengetahuan, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat diperlukan untuk pengembangan diri. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka akan semakin mudah untuk menerima, serta mengembangkan pengetahuan dan teknologi. 
2) Faktor Pekerjaan 
Pekerjaan seseorang sangat berpengaruh terhadap proses mengakses informasi yang dibutuhkan terhadap suatu obyek. 
3) Faktor Pengalaman 
Pengalaman seseorang sangat mempengaruhi pengetahuan, semakin banyak pengalaman seseorang tentang suatu hal, maka akan semakin bertambah pula pengetahuan seseorang akan hal tersebut. Pengukuran pengetahuan dapat dilakukan dengan wawancara atau angket yang menyatakan tantang isi materi yang ingin diukur dari subjek penelitian atau responden. 
4) Faktor Keyakinan 
Keyakinan yang diperoleh oleh seseorang biasanya bisa didapat secara turun-temurun dan tidak dapat dibuktikan terlebih dahulu, keyakinan positif dan keyakinan negatif dapat mempengaruhi pengetahuan seseorang. 
5) Sosial Budaya 
Kebudayaan berserta kebiasaan dalam keluarga dapat mempengaruhi pengetahuan, presepsi, dan sikap seseorang terhadap sesuatu. 

Sumber Tulisan dari : Notoatmodjo, 2010. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan, PT Rineka Cipta, Jakarta

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :