Pengertian Cuaca dan Pengertian Iklim

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Cuaca dan Iklim selalu menyertai dan mempengaruhi kehidupan manusia di bumi. Nahkoda kapal, pilot pesawat, dan petani adalah sebagian dari sekian banyak orang yang sangat memerlukan keterangan atau data cuaca dan iklim untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik.
cuaca pagi
Gambar : www.dailydesigninspiration.com
Oleh karena itu, Definisi Cuaca dan Definisi Iklim perlu dipelajari untuk mendapatkan suatu pertimbangan pertimbangan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Pengertian Cuaca
Cuaca adalah rata-rata kondisi atmosfer pada suatu tempat tertentu dengan waktu yang relatif singkat.
Udara merupakan benda gas yang menyelubungi bumi dengan ketinggian tertentu, yang memiliki sifat dan ciri tidak berwarna, tidak berbau, tidak dapat dilihat dan tidak dapat dirasakan kecuali dalam keadaan bergerak (angin).

Cuaca wilahnya relatif sempit dan senantiasa cepat berubah setiap saat dari waktu ke waktu. Misalnya cuaca di suatu tempat pada pagi hari terasa seejuk, kemudian pada siang hari berubah menjadi panas, kemudian pada malam hari akan berubah menjadi dingin.
Cuaca ini diamati dan dipelajari secara terus menerus oleh Badan Metereologi dan Geofisika dimana hasil yang didapat dari pengamatan dan perkiraan ini hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan misalnya dalam penerbangan, pelayaran, dan lain lain kegiatan yang menyangkut cuaca.
Pengertian Iklim
Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dari suatu wilayah yang luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu yang lama, antara 30 sampai 100 tahun.
Ilmu yang mempelajari cuaca disebut metereologi sedangkan ilmu yang mempelajari iklim disebut dengan klimatologi. 
Hasil dari penyelidikan klimatologi disajikan untuk kepentingan pertanian, peternakan, perikanan, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan iklim.
Demikianlah secara singkat tentang definisi iklim dan definisi cuaca, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber Buku :
Tim Abdi Guru, 2004, Geografi Untuk SMP Kelas VII, Penerbit Erlangga, Jakarta

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :