9 Prinsip Manajemen Perkantoran

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Manajemen Perkantoran sudah saya tuliskan sebelumnya, nah kali ini saya akan menuliskan tentang Prinsip Manajemen Perkantoran
Berikut ini adalah 9 Prinsip Manajemen Perkantoran :
1. Manajer kantor itu adalah seorang eksekutif yang harus membuat rencana, menyusun organisasi, dan melakukan pengawasan terhadap sebagian besar pekerjaan kantor yang harus dilaksanakan, serta memimpin para pegawai dalam melaksanakan tugas mereka. Manajemen tertinggi harus menyadari diri bahwa manajer kantor itu bukan seorang penyelia yang semata-mata hanya berurusan dengan ketatausahaan saja.
2. Tata ruang kantor harus direncanakan dengan ilmiah untuk menghindari gerakan yang tidak perlu, keterlambatan, dan kesukaran untuk menggapai pekerjaan atau bahan-bahan.
3. Mesin-mesin dan perlengkapan-perlengkapan yang otomatis hendaknya dipergunakan apabila hasilnya ekonomis.
4. Kajian gerakan dan waktu (time and motion study) penyederhanaan kerja dan pengukuran kerja hendaknya diterapkan dalam pekerjaan kantor.
5. Sistem dan prosedur kantor harus dengan terus-menerus diupayakan agar menjadi lebih efisien dan mengurangi biaya.
6. Sistem manajemen arsip / warkat yang diperbaiki harus dikembangkan sesuai dengan pengawasan formulir. Hal ini termasuk menghilangkan metode pengarsipan yang tidak efisien, penetapan jadwal pemusnahan arsip, perbaikan sistem penelusuran arsip, dan perencanaan perbaikan formulir kantor.
7. Hubungan kepegawaian yang lebih ilmiah harus dikembangkan melalui analisis pekerjaan, program diklat, nasihat kepegawaian dan panduan perintah.
8. Standar kualitas dan kuantitas pekerjaan kantor harus digunakan dan dikembangkan.
9. Kesadaran kerja, bersamaan dengan konsep dasar manajemen ilmiah dalam pekerjaan kantor hendaknya dikembangkan baik pada jiwa penyelia maupun pada sikap pegawai.
Demikianlah 9 Prinsip Manajemen Perkantoran, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber Tulisan :
Komaruddin, 1981, Manajemen Kantor, Teori dan Praktek, Sinar Baru : Bandung.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :