Sel Darah Merah (Eritrosit), Sel Darah Putih (Leukosit) dan Keping Darah (Trombosit)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sebelumnya dalam Komponen Penyusun Darah, telah saya singgung tentang sel darah, nah berikut ini sekilas penjelasan tentang sel darah yang terdiri dari Sel Darah Merah (Eritrosit), Sel Darah Putih (Leukosit) dan Keping Darah (Trombosit).
Sel darah terdiri atas :
a. Eritrosit (sel darah merah)
Eritrosit atau sel darah merah ini merupakan bagian terbesar atau terbanyak yaitu sebanyak 99%. Bentuk sel darah merah ini berbentuk bikonkaf yaitu berbentuk pipih, bulat, cekung pada bagian tengah dan bertumpuk.
Fungsi eritrosit atau sel darah merah adalah : penentu golongan darah dan mengangkut oksigen yang diangkut oleh hemoglobin.
Hemoglobin yang mengangkut oksigen ini yang juga penyebab darah berwarna merah atau disebut dengan istilah oksihemoglobin.
b. Leukosit (sel darah putih)
Sel-sel darah putih ini bentuknya lebih besar dari sel darah merah. Bentuk-bentuk sel darah putih adalah Limfosit, Basofil, Neutrofil, Monosit, eosinofil.
Fungsi leukosit atau sel darah putih adalah membunuh kuman penyakit dalam tubuh dan membentuk antibodi tubuh. Yang membunuh kuman penyakit adalah Fagosit dengan cara memakan kuman penyakit. Antibodi tubuh dihasilkan oleh Limfosit yaitu antitoksin yang berfungsi untuk menetralkan racun-racun yang dikeluarkan oleh kuman penyakit.
c. Trombosit (keping darah)
Terbentuknya tTrombosit atau keping darah ini di sumsum merah, jumlah keping darah dalam 1 mm3 adalah 25.000 keping darah. Fungsi Trombosit adalah membatu pembekuan darah. Bagaimana proses pembekuan darah...? Jika terjadi luka pada tubuh kita, maka secara langsung trombosit akan mengeluarkan sebuah enzim yang bernama Trombokinase, enzim trombokinase ini akan mengubah protrombin menjadi trombin. Selanjutnya trombin akan mengubah fibrinogen atau protein darah menjadi benang-benang fibrin, benang fibrin yang berbentuk jaring-jaring selanjutnya akan menangkap sel darah merah yang keluar akibat luka, sehingga dengan ditangkapnya sel darah merah oleh jaring-jaring atau fibrin maka darah akan membuku dan berhenti mengalir.
Demikianlah penjelasan tentang Sel Darah Merah (Eritrosit), Sel Darah Putih (Leukosit) dan Keping Darah (Trombosit), semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :