Pengertian Statistik dan Macam Statistik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Statistik atau Definisi Statistik dalam arti sempit dapat diartikan sebagai data. Sedangkan dalam arti luas statistik adalah alat, yaitu alat untuk analisis, dan alat untuk membuat keputusan.
Macam statistik ada dua yaitu :
1. Statistik Deskriptif
Statistik Deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu statistik hasil penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (generalisasi atau inferensi).
Penelitian yang tidak menggunakan sampel, analisisnya akan menggunakan statistik deskriptif. Demikian juga penelitian yang menggunakan sampel, tetapi peneliti tidak bermaksud untuk membuat kesimpulan terhadap populasi darimana sampel diambil, maka statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif. Dalam hal ini Teknik Korelasi dan Regresi juga dapat berperan sebagai Statistik Deskriptif.
2. Statistik Inferensial
Statistik inferensial adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel, dan hasilnya akan digeneralisasikan (diinferensikan) untuk populasi dimana sampel diambil.
Selanjutnya Statistik Inferensial dapat dibedakan menjadi Statistik Parametris dan Statistik Non Parametris. Statistik Parametris adalah digunakan untuk menganalisis data interval atau rasio, yang diambil dari populasi yang berdistribusi normal.
Sedangkan Statistik Non Parametris adalah digunakan untuk menganalisis data nominal dan ordinal dari populasi yang bebas distribusi. Jadi tidak harus normal. Dalam hal ini Teknik Korelasi dan Regresi dapat berperan sebagai Statistik Inferensial.
Sumber Tulisan :
Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Keduabelas, Alfabeta, Bandung.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :