Struktur atau Bagian Bunga

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Jika kita bicara tentang bunga, apa yang terbersit dibenak anda ? Pastinya indah, cantik, warna-warni, ya kaaan...? Kali ini saya tidak akan membahas keindahan bunga namun yang akan saya bahas adalah tentang Sruktur dan Bagian Bunga.
Bunga itu mempunyai bagian-bagian yang menyusunnya antara lain kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, putik dan bakal buah. Namun ada juga bunga yang tidak memiliki bagian-bagian lengkap seperti diatas.
Misalnya ada bunga yang tidak memiliki kelopak disebut asepalus, ada bunga yang tidak memiliki mahkota bunga disebut apetalus.
1. Kelopak Bunga
Kelopak bunga atau calyx adalah bagian bunga yang paling luar dari susunan bunga, biasanya terletak didasar atau pangkal bunga. Karena kelopak bunga ini merupakan perubahan dari daun maka kelopak bunga ini warnanya hijau layaknya daun. Lembaran kelopak bunga ini disebut sepal.
2. Mahkota Bunga
Mahkota bunga adalah bagian utama bunga, karena penyebutan bunga itu identik atau mengaju pada bagian ini. Mahkota bunga atau corolla ini terletak setelah kelopak bunga, merupakan bagian yang dominan dari susunan bunga, memiliki warna yang bermacam-macam. Lembaran mahkota bunga ini disebut petal.
3. Benang Sari
Benang sari adalah bagian dari bunga yang terletak didalam diantara mahkota bunga. Benang sari ini tersusun atas tangkai sari atau filamen, kepala sari atau anther, dan serbuk sari atau polen.
4. Putik
Letak dari putik adalah paling dalam yang merupakan pusat bagian bunga. Putik terdiri atas beberapa bagian yaitu lembaran penyusun putik atau karpel, tangkai putik atau stilus, dan kepala putik atau stigma.
Apabila ovarium dalam putik dan serbuk sari bersatu maka akan menjadi bakal buah.
Untuk lebih jelasnya tentang Struktur dan Bagian Bunga, anda dapat klik gambar diatas.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :