Rakyat Indonesia Mempunyai Kewajiban Membela Negara

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Rakyat Indonesia Mempunyai Kewajiban Membela Negara ditulis oleh : Lina Khafiya
Membela negara Indonesia tidak harusdenganmenjadi aparat, yang terpenting adalah jangan sampai kita menghianati negara (contoh: KKN).
Membela negara bukan hanya yang berhubungan dengan upaya mempertahankan negara Indonesia dari ancaman dan serangan musuh, melainkan upayar akyat untuk mempertahankan danmemajukan bangsa Indonesia di segala bidang.Contohnya dapat dilihat dari perjuangan putra putri Indonesia, baik di bidang pertahanan keamanan, pendidikan maupun di bidang lain.
Partisipasi rakyat sangat berperan dalam mempertahankan negara dan meningkatkan kemerdekaan dari segala jenis penjajahan yang menimbun di Negara ini. Dalam membela negara Indonesia rakyat harus mempunyai sifat dan sikap yang mendukung pada setiap tindakan yang akan dilakukan.
Sifat dan sikap tersebut seperti tanggungjawab, ulet, tangguh, terampil serta mau mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi yang merugikan negara. Selain itu rakyat juga harus mempunyai rasa cinta tanah air dan banggakan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tinggi dengan diimbangi akal dan fikiran yang positif. Apabila rasa cinta dan banggaakan NKRI ini tidak diimbangi dengan akal dan fikiran yang positif maka yang ada hanya akan menimbulkan demo ataupun tawuran dimana-mana yang sebenarnya tidak efektif dalam mempertahankan dan memajukan bangsa Indonesia.
Kesadaran bangsa juga diperlukan dalam membela negara, seperti pentingnya pendidikan. Kewajiban membela negara Indonesia juga diperlukan untuk mencapai cita-cita bangsa yang tidak terhindar dari beragam ancaman yang terkadang membahayakan keselamatan bangsa ini sendiri. Cara agar dapat menghadapi ancaman-ancaman tersebut, bangsa Indonesia harus memiliki kemampuan, keuletan, dan daya tahan yang dinamakan ketahanan nasional.
Kesadaran belanegara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada Negara dan kesediaan berkorban membela Negara dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari menjaga hubungan baik sesama warga negara dan antar negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata dari dalam maupun luar negeri. Sebagai contoh sederhana adalah melestarikan budaya, dan wujud bentuk dari bela Negara salah satunya adalah dengan memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia, beragam budaya Indonesia merupakan salah satu nilai positif dari Indonesia yang dapat dikembangkan dan dimajukan dalam berbagai bidang sehingga menjadi kelebihan Indonesia di dunia luas dan kebudayaan Indonesia juga tidak lagi diklaim sebagai kebudayaan negara lain.(IB/90)

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :