Pemilu Itu Penting

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pemilu Itu Penting ditulis oleh : Dwitya Citra K.N 
Pemilu adalah proses pemilihan orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan tertentu. Dari presiden, gubernur, bupati / walikota sampai kepala desa serta wakil-wakil rakyat lainnya.
Selain di dunia politik, pemilu juga dapat dilaksanankan di dunia pendidikan untuk memilih Ketua OSIS, Ketua Kelas atau ketua organisasi yang ada di wilayah sekolah tersebut. Dalam pelaksanaannya, para kandidat yang akan dipilih akan menyampaikan visi dan misinya dan menawarkan program-program nya pada masa kampanye.
Hal itu dilakukan guna menarik perhatian masyarakat yang mempunyai hak pilih untuk memilih mereka pada saat pemungutan suara. Pemilu harus dilaksanakan secara luber jurdil (langsung, umum, bebas,rahasia, jujur, dan adil).
Pemungutan suaradapat dilakukan secara dengan mencoblos atau mncontreng foto kandidat pada kartu suara. Setelah itu dilakukan penghitungan suara untuk menentukan siapa pemenangnya.
Sebagai Negara demokrasi, pemilu sangat penting dilakasanakan karena dengan pemilu, rakyat dapat memberikan apresiasinya atau menyalurkan hak pilihnya untuk memilih calon pemimpin yang mereka harapkan. Pemilu juga sebagai perwujudan kedaulatan rakyat dan sebagai proses pengambilan keputusan yang bersifat formal.(IA/85)

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :