Pengertian Analisis Multivariat

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Secara umum, Multivariate AnalysisAnalisis Multivariat atau Metode Multivariat berhubungan dengan metode-metode statistik yang secara bersama-sama (simultan) melakukan analisis terhadap lebih dari dua variabel pada setiap objek atau orang.
Jadi, bisa dikatakan analisis multivariat merupakan perluasan dari analisis univariat seperti uji t) atau analisis bivariat (seperti uji korelasi dan regresi sederhana).
Pengertian Analisis Multivariat adalah analisis multi variabel dalam satu atau lebih hubungan. Analisis ini berhubungan dengan semua teknik statistik yang secara simultan menganalisis sejumlah pengukuran pada individu atau obek.
Sebagai contoh, jika dilakukan analisis regresi sederhana, dengan satu variabel Y dan satu variabel X, maka analisis seperti itu dikatakan bivariat, karena ada dua (bi) variabel, X dan Y.
Sedangkan jika dilakukan analisis regresi berganda, dengan satu variabel Y dan dua variabel X (X1 dan X2), maka analisis sudah bisa dikatakan multivariat, karena ada tiga variabel (termasuk X1 dan X2).
Sedangkan variat bisa didefinisikan sebagaii suatu kombinasi linier dari variabel-variabel dengan bobot variabel yang ditentukan secara empiris.
Sebagai contoh, ada persamaan regresi berganda :
Nilai Variat : w1.X1+w2.X2+w3.X3+...+wn.Xn
Disini Xn adalah variabel yang telah ditentukan oleh peneliti, sedangkan wn adalah hasil dari proses multivariat. Nilai variat adalah hasil dari proses perkalian dan penjumlahan w dan X, yang menghasikan suatu nilai variat tertentu.
Dalam praktek, jenis data atau bisa juga disebut jenis variabel menentukan metode multivariat mana yang akan digunakan. Secara praktis, harus diketahui terlebih dahulu termasuk jenis data manakah X1 itu ? Termasuk jenis data manakah X2 itu ? Demikian seterusnya.
Kesalahan dalam memilih metode yang cocok berdasar jenis datanya akan berakibat hasil pengolahan data menjadi bias. Hal ini berlaku juga pada pemilihan metode statistik multivariat, sebagaimana hal ini telah berlaku pada pemilihan metode statistik univariat dan bivariat.
Sumber Tulisan :
Singgih Santoso, 2010, Statistik Multivariat, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.  

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :