Akibat Melakukan Penyuapan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Akibat Melakukan Penyuapan ditulis oleh : Ernawati Pratiwi 
Seperti yang kita ketahui,saat ini marak sekali terjadi penyuapan dalam pemerintahan.Tapi apakah kita tahu apa itu penyuapan? 
Penyuapan adalah segala bentuk pemberian baik berupa uang atau barang untuk memenuhi keinginan dengan cara yang tidak halal dan tentunya merugikan orang lain. Kita sering melihat kasus penyuapan ketika seseorang menginginkan suatu jabatan. 
Misalnya saja dalam pengisian formasi PNS, seseorang mengeluarkan beratus ratus juta untuk posisi yang masih dalam tingkat kecil. Lalu bagaimana dengan tingkat lembaga yang lebih tinggi? Dapat dipastikan lebih banyak terjadi penyuapan. Dan pastinya para pejabat dalam lembaga – lembaga tinggi tersebut menganggap bahwa suap menjadi hal yang yang biasa dalam dunia politik. 
Apakah akibat dari penyuapan? 
1.Hukum tidak dilaksanakan dengan adil 
2.Muncul KKN dalam suatu pemerintahan 
3.Moral bangsa memburuk 
4.Banyak pihak yang dirugikan 
Bagaimana kinerja pemeritah dalam memberantas suap? Pemeritah seharusnya lebih tegas lagi,dalam menetapkan hukum, jangan hanya menetapkan hukum pidana dan denda. Tetapi pemeritah harus berani membuat peraturan baru yaitu menetapkan hukuman mati kepada pihak penyuap dan pihak yang disuap.
Apabila pemeritah sudah menetepkan hukuman mati, secara perlahan kasus penyuapan akan mulai berkurang, karena pihak-pihak yang ingin melakukan suap pasti akan berfikir lagi apa akibat yang akan di terima bila kecuranganya diketahui pemerintah atau pihak yang berwajib. Dan pemerintah seharusnya juga berfikir dampak apa yang akan terjadi bagi bangsa ini jika di pimpin oleh orang-orang bodoh yang hanya mengandalkan uang untuk sebuah jabatan bukan karena kepandaian.(IB/95).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :