Mengobati Nyeri Pada Tumit Kaki

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Salah satu rasa nyeri yang cukup sering dialami banyak orang adalah nyeri tumit atau plantar fascitis, sakit nyeri ini bisa terjadi pada satu kaki taupun kedua kaki.
Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan pada plantar fascia, sebuah struktur yang mirip dengan jaringan fibrosa yang membentang dari tulang tumit hingga tulang jari kaki. Bentuknya menyerupai kipas dan berfungsi sebagai penyangga bagian lengkung kaki agar tidak lunglai.
Cara Mengobati Sakit atau Nyeri Tumit adalah sebagai berikut :
1. Pilih alas kaki yang lembut dan tebal, jika menggunakan sepatu yang keras ada baiknya diberikan tambahan sol dalam yang lembut sehingga membuat kaki lebih nyaman.
2. Obat dan penyuntikan, Jika anda periksa ke dokter, maka akan diberikan obat pereda nyeri untuk diminum. Bila tidak mempan dengan obat maka akan dilakukan penyuntikan steroid lokal. Penyuntikan ini tidak boleh terlalu sering dilakukan karena akan menyebabkan tulang keropos.
3. Extracorporeal Shock Wave Therapy (ESWT), jika obat dan suntikan steroid diatas masih belum mempan maka akan dilakukan terapi ESWT yang mampu mengurangi rasa sakit.
4. Operasi Pembedahan, jika terapi ESWT tidak mempan juga maka jalan terakhir adalah dilakukannya operasi pembedahan dengan merilis plantar fascia. 
Demikianlah yang sebaiknya anda lakukan untuk mengobati nyeri tumit, jika anda merasakan nyeri tumit yang tidak kunjung sembuh segeralah periksakan diri ke dokter, ingat jangan lakukan pijat refleksi karena pijat refleksi akan menyebabkan semakin sakit karena tekanan.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :