Agar sukses dalam dunia usaha dalam menjalankan Kegiatan Ekonomi seorang wira usaha ataupun Pelaku Ekonomi yang menyediakan barang atau jasa harus pandai dalam hal pemasaran. Tanpa didukung dengan pemasaran yang baik maka untuk kondisi sekarang akan sulit bersaing karena dunia usaha sekarang dalam hal persaingan semakin ketat dan luar biasa.
Dua Pengertian Pemasaran atau Marketing tersebut dibawah ini sebenarnya mengacu pada konsep inti pemasaran, dimana konsep inti pemasaran itu sendiri terdiri dari :
1. Needs atau Kebutuhan, Wants atau Keinginan dan Demans atau Permintaan
2. Product yang berupa Barang, Jasa dan Gagasan
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan
4. Transaksi dan Pertukaran
5. Hubungan dan Jaringan
6. Pasar, Pemasar dan Prospek.
Pengertian Pemasaran yang pertama akan saya tuliskan adalah menurut American Marketing Association, pengertian tersebut adalah sebagai berikut :
“ Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa, untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi ”.
Pengertian Pemasaran yang kedua adalah menurut seorang ahli bernama Philip Kotler, yang menyatakan bahwa :
“ Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain “.
Demikianlah secara singkat tentang Pengertian Pemasaran atau Pengertian Marketing, semoga Definisi Pemasaran atau Definisi Marketing tersebut diatas berguna buat anda sekalian. Terima kasih.