Konsep Inti Pemasaran atau Marketing

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dalam Pengertian Pemasaran atau Marketing yang sudah saya tuliskan sebelumnya, bahwa pengertian-pengertian tersebut mengacu pada Konsep Inti Pemasaran.
Konsep inti pemasaran itu sendiri terdiri dari 6 poin yaitu:
1. Needs atau Kebutuhan, Wants atau Keinginan dan Demans atau Permintaan
2. Product yang berupa Barang, Jasa dan Gagasan
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan
4. Transaksi dan Pertukaran
5. Hubungan dan Jaringan
6. Pasar, Pemasar dan Prospek.
Berikut ini adalah pengertian-pengertian dari keenam poin diatas :
1. Pengertian Needs atau Kebutuhan
Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani maupun kebutuhan rohani. Pengertian kebutuhan yang lainnya adalah segala sesuatu yang harus dipenuhi guna menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kemakmuran atau kesejahteraan sehingga tercapai kepuasan.
2. Pengertian Wants atau Keinginan
Keinginan adalah suatu ketegangan menuju pertimbangan akhir yang dilakukan oleh seseorang demi mencapai kepuasan sumber kepuasan. Pengertian Keinginan yang lainnya adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.
3. Pengertian Demans atau Permintaan
Permintaan adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
4. Pengertian Product atau Produk
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan. Produk ini dapat berupa barang, jasa maupun gagasan.
5. Pengertian Value atau Nilai
Nilai adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhannya.
6. Pengertian Biaya atau Cost
Biaya pemasaran menurut Hansen dan Mowen adalah biaya-biaya yang diperlukan untuk memasarkan produk atau jasa, meliputi biaya gaji dan komisi tenaga jual, biaya iklan, biaya pergudangan dan biaya pelayanan pelanggan.
7. Pengertian Kepuasan atau Satisfaction
Kepuasan menurut Oliver adalah sebagai tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya.
8. Pengertian Transaksi
Transaksi adalah pertemuan antara dua belah pihak ( penjual dan Pembeli) yang saling menguntungkan dengan adanya data/bukti/dokumen pendukung yang dimasukkan kedalam jurnal setelah melalui pencatatan.
9. Pengertian Pertukaran atau Exchange
Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
10. Pengertian Hubungan
Adalah praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang.
11. Pengertian Jaringan
Adalah pengembangan asset unik perusahaan yang terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur, pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.
12. Pengertian Pasar
Pasar adalah semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.
13. Pengertian Pemasar
Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai.
14. Pengertian Prospek
Prospek menurut Siswanto Sutejo adalah suatu gambaran keseluruhan, baik ancaman ataupun peluang dari kegiatan pemasaran yang akan datang yang berhubungan dengan ketidak pastian dari aktifitas pemasaran atau penjualan.
Demikianlah tentang berbagai pengertian dalam Konsep Inti Pemasaran atau Marketing, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :