Manfaat Menerapkan ISO 9001:2000

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sebelumnya saya telah tuliskan tentang Apa Itu ISO, selanjutkan akan saya tuliskan tentang Manfaat Menerapkan ISO.
ISO atau International Organization for Standardization mempunyai manfaat sebagai berikut :
1. Dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui pelaksanaan jaminan mutu yang terorganisasi secara sistemik. Mengapa demikian ? Karena dokumentasi yang terdapat dalam pelaksanaan ISO 9001:2000 menunjukkan bahwa kebijakan, prosedur dan instruksi yang berkaitan dengan kualitas telah direncanakan dengan baik.
2. Perusahaan yang punya sertifikat ISO 9001:2000 diijinkan untuk beriklan pada media massa bahwa perusahaan tersebut telah menerapkan sistem manajemen mutu dan mendapatkan pengakuan secara internasional.
3. Perusahaan dengan sertifikat ISO 9001:2000 akan terdaftar pada lembaga registrasi, jadi apabila pelanggan ingin mencari perusahaan pemasok yang bersertifikat ISO ini akan menghubungi lembaga registrasi.
4. Perusahaan yang bersertifikat ISO 9001:2000 akan di audit secara periodik sehingga para pelanggan tidak perlu melakukan audit sistem kualitas.
5. Perusahaan dapat meningkatkan mutu dan produktivitas melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih baik, sistem pengendalian yang konsisten serta pengurangan dan pencegahan pemborosan yang disebabkan operasi internal.
6. Meningkatkan kesadaran perusahaan atau organisasi akan mutu.
7. Memberikan pelatihan secara sistemik kepada seluruh komponen dalam organisasi melalui prosedur dan instruksi-instruksi yang terdefinisi dengan baik.
8. Anggota organisasi akan terdorong mempertahankan sertifikat ISO sehingga akan terjadi perubahan positif dalam budaya mutu. Perlu diketahui bahwa pada umumnya sertifikat ISO hanya berlaku 3 tahun.
Demikianlah tentang Manfaat Menerapkan ISO 9001:2000 menurut Gaspersz (2002), semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :