Makanan Pencegah Osteoporosis

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Apa itu Osteoporosis...?
Pengertian Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.
Anda harus hati-hati dengan penyakit ini, jenis penyakit seperti ini kadang memang kurang mendapat perhatian karena sering dianggap tidak mematikan seperti layaknya penyakit jantung, penyakit diabetes mellitus dan penyakit kronis berbahaya lainnya.
Osteoporosis dapat dicegah sejak dini yaitu dengan mengkonsumsi cukup makanan sumber kalsium dan fosfor seperti susu, daging, ikan yang dimakan dengan tulangnya, kacang-kacangan, serta dengan aktifitas fisik atau olahraga teratur minimal 2 kali seminggu selama 30 menit.
Dan jangan lupa penyerapan sumber kalsium akan lebih maksimal bila diimbangi dengan paparan sinar ultraviolet matahari pagi.
Perlu anda ketahui juga beberapa faktor yang dapat menghambat penyerapan kalsium dalam darah dan penyebab ekskresi kalsium yang berlebih yaitu : merokok, minum kopi, minum alkohol dan konsumsi makanan sumber protein dalam jumlah yang terlalu tinggi. 
Waspadailah penyakit osteoporosis ini karena dapat menyebabkan hal-hal fatal seperti patah tulang pinggul, patah tulang vertebral, patah tulang tangan dan patah tulang rusuk. 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :