Kebiasaan Salah Dalam Menjalani Diet

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kebiasaan Salah Dalam Menjalani Diet
Banyak mitos salah tentang diet yang beredar di masyarakat. Terutama mengenai pemilihan makanan dan minuman tertentu yang dianggap bisa membantu program diet yang dijalani, padahal sesungguhnya malah memuat timbunan lemak diperut makin menumpuk. Berikut ini kebiasaan salah dalam menjalani diet yang perlu anda ketahui :
a. Konsumsi Produk Sugar Free
Banyak orang berpikir, memilih berbagai produk sugar free atau bebas gula, mulai soft drink hingga snack, sangat baik untuk membantu menjalani program diet. Padahal, anggapan tersebut salah sama sekali. Sebab, banyak dari versi modifikasi dari makanan tersebut yang seolah membuat anda bebas mengonsumsinya, ternyata mengandung pemanis buatan. Oleh banyak ahli nutrisi, pemanis buatan dinyatakan dapat memacu metabolisme tubuh untuk meningkatkan cadangan lemak dalam tubuh. Jadi jangan sembarangan percaya pada produk dengan label sugar free atau bebas gula.
b. Mendadak Vegetarian
Tidak sedikit orang yang beranggapan, menjadi vegetarian atau hanya mengonsumsi bahan makanan nabati, bisa mengurangi penambahan lemak yang tidak perlu. Padahal, tahukah anda bahwa kandungan protein tinggi mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat mengurangi penimbunan lemak diperut. Daging tuna, miasalnya. Dengan 170 gram dapat memenuhi tiga perempat kebutuhan protein harian. Karena itu, bijaklah dalam memilih makanan bergizi untuk tubuh.
c. Melawatkan Jadwal Makan
Melewatkan jadwal makan malah akan merugikan, karena akan membuat tubuh kelaparan dan akhirnya mengonsumsi makanan dalam jumlah lebih banyak. Hasilnya, lemak akan semakin menumpuk di tubuh. Cara terbaik untuk diet adalah dengan makan sedikit tapi sering, yaitu tiga sampai empat jam sekali untuk memenuhi lambung tanpa perlu menimbulkan tumpukan lemak.
d. Menjauhi Semua Makanan Berlemak
Tidak semua makanan berlemak harus dijauhi. Sebab, tubuh juga membutuhkan lemak, terutama lemak tidak jenuh tunggal yang dapat membantu membakar lemak di perut dan pinggang, dan membuat seseorang bisa mengurangi porsi makan. Sehingga, berat badan tetap terjaga. Banyak contoh nyata, seperti ahli gizi yang justru merekomendasikan untuk memotong seperempat alpukat ke dalam sandwich atau menaburkan olive oil dan vinegar ke dalam salad. Selain sehat juga membuatnya menjadi lebih enak (Cantiq).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :