UPVC Alternatif Pengganti Kayu

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Membangun sebuah gedung, baik itu rumah tempat tinggal atau kantor membutuhkan kayu untuk kusen, daun pintu, dan jendela. Namun kini untuk mendapatkan kayu berkualitas bagus tidak gampang, karena kayu yang berumur tua makin langka. Toh kalaupun ada, harganyapun mahal.
Sebagai solusi alternatif, kini ditawarkan produk bahan kusen dari unplasticised poly vinyl chloride (UPVC). Produk ini hadir dengan berbagai keunggulannya. UPVC tahan terhadap cuaca panas atau dingin. Sebab, bahan tersebut dibuat dengan lapisan antisinar ultra violet yang didesain untuk outdoor di negara empat musim. Sehingga untuk di Indonesia yang hanya mengenal dua musim tentu akan lebih tahan cuaca.
rumah kaca upvc
Ilustrasi Gambar : www.windorupvc.com.np
Dibanding material kayu, UPVC yang merupakan turunan plastik dipastikan tahan terhadap rayap, tidak berkarat, dan tidak berubah warna. Apalagi di dalamnya terdapat rangka besi yang memperkokoh kusen sehingga tidak mudah dibongkar paksa.
Material ini lebih kencang (rigid), karena ada steel reinforcement yang dalam proses penyambungan menggunakan sistem pres akan lebih presisi. Meski demikian, bahan ini sangat fleksibel dan mudah dibentuk sesuai desain yang diingin. Dengan konstruksi karet ganda, bahan ini bisa membuat ruangan kedap suara hingga 20 dB. Bila dibanding kayu atau aluminium, tingkat kedepannya itu lebih baik.
Begitu juga kekedapan udara, ruangan dengan UPVC lebih baik, sehingga udara dingin dalam ruangan tidak berkurang. Dengan demikian pemakaian listrik untuk AC bisa lebih hemat. Namun yang pasti, penggunaan bahan ini bisa mendukung program menanggulangi global warming yaitu mengurangi penebangan hutan (Suara Merdeka).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :