Alat Pernapasan Manusia "Paru-Paru"

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Artikel Alat Pernapasan Manusia "Paru-Paru" untuk SMP Kelas VIII Pelajaran Biologi.
Paru-paru sebenarnya adalah berupa kumpulan gelembung alveolus. Letak paru-paru di rongga dada diatas sekat diafragma. Apa itu diafragma ? Diafragma adalah sekat rongga badan, yang membatasi rongga dada dan rongga perut. 
Bagian Paru-paru
Paru-paru terdiri dari 2 bagian :
1. Paru-paru kiri, memiliki 2 gelambir
2. Paru-paru kanan, memiliki 3 gelambir
bagian paru-paru gambar
Ilustrasi Gambar : www.diagrama.xyz
Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut pluera. Selaput paru-paru terdiri dari 2 lapis. Selaput paru-paru membungkus alveolus-alveolus. Jumlah alveolus lebih kurang 300 juta buah. Luas permukaan seluruh alveolus diperkirakan 100 kali dari luas permukaan tubuh manusia.
Volume udara di dalam paru-paru orang dewasa lebih kurang 5 liter. Kemampuan paru-paru menampung udara disebut dengan daya tampung paru-paru atau kapasitas paru-paru. Volume udara yang dipernapaskan oleh tubuh tergantung besar kecilnya paru-paru, kekuatan bernapas, dan cara bernapas. Pada pernapasan biasa orang dewasa, udara yang keluar dan masuk paru-paru sebanyak 0.5 liter. Udara sebanyak itu disebut udara pernapasan atau udara tidal.
Apabila kita menarik napas dalam-dalam kemudian menghembuskan napas sekuat-kuatnya, volume yang masuk dan keluar lebih kurang sebanyak 3.5-4 liter. Volume udara ini disebut kapasitas vital paru-paru. Sebanyak 1-1.5 liter udara tetap tinggal di dalam paru-paru walaupun kita telah menghembuskan napas sekuat-kuatntya. Volume udara ini disebut udara residu.
(Istamar Syamsuri, dkk, 2004, Sains Biologi SMP, Penerbit Erlangga, Jakarta).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :