Pengobatan Kanker Paru Dengan Cryosurgery

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengobatan Kanker Paru Dengan Cryosurgery
Cara Pengobatan kanker paru dapat dilakukan dengan :
1. Pembedahan dengan membuang satu bagian paru, kadang melebihi luas tempat ditemukannya tumor dan membuang semua kelenjar getah bening yang terkena kanker.
2. Radioterapi atau radiasi dengan sinar X berintensitas tinggi untuk membunuh sel kanker.
3. Kemoterapi
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah berkembang sebuah alat yang dapat membunuh sel kanker paru dengan cara membekukannya, yaitu teknologi bedah beku (cryosurgery). Terapi ini sangat berguna pada penderita kanker paru stadium lanjut karena pada stadium ini, pembedahan dengan pengangkatan tidak memungkinkan dilakukan akibat sel kanker telah meyebar.
Cryosurgery tidak diikuti dengan pengangkatan jaringan kanker. Ketika lokasi kanker diketahui, sejumlah jarum atau probe akan dimasukkan pada massa kanker untuk membekukan kanker tersebut dengan bantuan gas argon. Massa kanker akan dibekukan hingga suhu menjadi -120 hingga -160 derajat Celcius selama beberapa menit hingga menjadi sebuah gumpalan es. Setelah membeku, massa kanker akan mengecil dan menciut, kemudian rusak. Sel-sel kanker yang mati ini akan menjadi zat pemicu untuk pembentukan zat antitumor.

Sumber :
Yuniarti Tanjung, 2011, Berdamai Dengan Kanker, Kiat Hidup Sehat Survivor Kanker, Qanita, Bandung.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :