Pengertian Cahaya dan Sifat Cahaya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Bagaimana ya rasanya hidup tanpa cahaya...? Yang jelas jika didunia ini tidak ada cahaya matahari pasti kita dan semua makhluk di bumi akan mati, jika ada cahaya dari matahari tapi tidak ada sumber cahaya yang lainnya kitapun akan susah. Malam-malam gelap gulita dong...?
Pengertian cahaya adalah radiasi elektromagnetik yang terlihat oleh mata manausia.
Cahaya berasal dari sumber cahaya, antara lain adalah matahari, bulan, bintang, api, lampu dan lain-lain.
Sifat cahaya adalah sebagai berikut :
1. Cahaya dapat dipantulkan
Contohnya adalah jika kita malam hari berada didalam mobil, kemudian dibelakang kita ada mobil atau motor lain maka mata kita akan silau jika melihat spion karena adanya sorot lampu kendaraan dibelakang kita tepat mengenai kaca spion dalam atau luar.
2. Cahaya dapat merambat lurus
Contohnya adalah cahaya matahari yang masuk kedalam rumah melalui genteng kaca, jika kita perhatikan maka cahaya yang masuk kerumah tampak jelas berwarna putih lurus.
3. Cahaya dapat dibelokkan atau mengalami pembiasan
Contohnya adalah aquarium dirumah kita, jika ada cahaya matahari yang mengenai aquarium akan terlihat ikan, batuan hiasan di dalam aquarium nampak lebih besar dari ukuran yang sebenarnya.
4. Cahaya dapat menembus benda yang bening
Contohnya adalah ketika pagi hari kita membuka korden jendela, maka cahaya akan masuk kedalam rumah melalui kaca bening rumah kita.
5. Cahaya dapat diuraikan atau mengalami dispersi
Contohnya adalah ketika kita melihat pelangi. Pada dasarnya warna utama cahaya adalah merah, hijau dan biru. Warna pelangi (akibat pembiasan cahaya) kan bermacam-macam namun warna-warna cahaya tersebut jika bersatu akan menjadi putih itulah yang dinamakan cahaya dapat diuraikan.
Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Cahaya dan Sifat Cahaya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :