Pengertian Magnet dan Jenis dan Macam Magnet

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Sejak kecil saya menyukai benda ini untuk permainan, maklum jaman dulu jika hidup di desa semua permainan itu membuat sendiri, jadi melihat magnet seperti melihat keajaiban karena mampu menarik benda-benda disekitarnya.
Magnet
Apa itu magnet...?
Pengertian magnet adalah suatu benda atau bahan yang menghasilkan medan magnet. Medan magnet ini tidak terlihat dan memiliki daya tarik terhadap benda disekitarnya dan mampu menembus penghalang nonmagnetis dengan ketebalan tertentu. Meskipun medan magnet mampu menarik benda disekitarnya, namun tidak semua benda dapat ditariknya, melainkan hanya benda tertentu seperti besi, baja, nikel dan kobalt. Magnet tidak dapat menarik batuan ataupun kayu yang tidak memiliki unsur logam.
Jenis dan macam magnet ada dua yaitu magnet alam dan magnet buatan:
1. Magnet Alam
Magnet alam adalah suatu benda atau bahan yang menghasilkan medan magnet yang terbentuk dialam. Magnet pertama kali ditemukan di daerah Magnesia Turki, nah inilah contoh magnet alami.
2. Magnet Buatan
Magnet buatan adalah suatu benda atau bahan yang menghasilkan medan magnet yang sengaja dibuat oleh manusia.
Contoh magnet buatan adalah magnet ladam, magnet U atau magnet tapal kuda, magnet keping, magnet batang, magnet silinder, dan magnet cincin.
Kegunaan Magnet ini sangat penting sekali untuk kehidupan manusia, dalam kegiatan ekonomi misalnya magnet dipergunakan untuk mengangkat peti kemas, dalam bidang transportasi misalnya digunakan untuk kereta api modern.
Cukuplah tulisan saya kali ini tentang Pengertian Magnet dan Jenis dan Macam Magnet, jika kurang puas anda bisa mencari artikel dari situs lain ya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :