Lapisan Bumi : Kerak Bumi, Mantel Bumi dan Inti Bumi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Dalam Tata Surya ada sebuah planet yang menjadi pusat tempat hidup bagi makhluk hdup, baik itu manusia, hewan maupun tumbuhan. Planet apakah itu...? Ya tentunya Planet Bumi dong...! Halaaah semua orang juga tau itu, anak TK pun juga tau kok...!
Tapi apakah anda tau tentang Lapisan-Lapisan Bumi yang kita pijak ini...? Jika anda tau siiiiplah, tapi bagi yang belum tau jangan kuatir karena saya akan menjelaskan tentang lapisan-lapisan bumi ini. 
Bumi terdiri dari dari 3 lapisan yaitu :
1. Kerak Bumi (The Crust)
Pengertian kerak bumi adalah lapisan bumi paling luar yang menjadi tempat hidup dari makhluk hidup. Bumi yang kita pijak tepat dibawah kaki kita inilah yang disebut dengan kerak bumi. Lapisan kerak bumi ini tersusun atas batuan dan tanah. Sudah jelas ya tentang pengertian kerak bumi...? Oke lanjut, berapa kedalaman lapisan kerak bumi...? Lapisan kerak bumi ini memiliki kedalaman yang mencapai 15 km sampai 60 km. Wuih auh juga ya, naik kendaraan ja bisa sampai sejam lewati kerak bumi ini...he..he...!
2. Mantel Bumi (The Mantle)
Pengertian mantel bumi adalah lapisan bumi yang terletak dibawah lapisan kerak bumi. Lapisan mantel bumi ini terdiri atas magma yang kental dan memiliki suhu panas antara 1.400 sampai 2.500 derajat Celcius. Lapisan mantel bumi ini memiliki kedalaman yang mencapai 2.900 km. Wuih jauh amat ya..., bandingkan jarak Jakarta Surabaya aja hanya 664,25 km, berarti kedalaman mantel atau selubung bumi ini kira-kira sama dengan bolak-balik Jakarta Surabaya sebanyak lima kali...waduuuh.
3. Inti Bumi (The Core : Outer Core and Inner Core)
Pengertian inti bumi adalah lapisan bumi yang terletak paling dalam dibawah lapisan mantel bumi yang merupakan lapisan pusat bumi. Lapisan inti bumi ini memiliki suhu panas antara 3.000 sampai 5000 derajat Celcius. Inti bumi terdiri dari 2 bagian yaitu Inti Bumi Luar (Outer Core) dan Inti Bumi Dalam (Inner Core) yang memiliki diameter 6.800 km.
Oke, sudah jelas kan tentang Lapisan Bumi : Kerak Bumi, Mantel Bumi dan Inti Bumi, cukup sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :