Jenis Erosi : Ablasi, Deflasi, Korosi, Abrasi, Eksarasi

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pengertian Erosi adalah suatu proses pengikisan material tertentu (batuan, tanah dan lain-lain) pada permukaan bumi.
Penyebab Erosi adalah adanya terpaan dari luar (angin, air) terhadap material bumi, dengan pengaruh gravitasi maka akan terjadi erosi. Contohnya tanah dan batuan dilereng gunung akan mudah erosi jika diterpa aliran air dari atas. Contoh yang lainnya adalah tebing dipinggir sungai yang mudah erosi karena terpaan air.
Jenis erosi berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut :
1. Ablasi
Pengertian ablasi adalah erosi yang disebabkan oleh terpaan atau aliran air yang mengikis tanah, batu atau material permukaan bumi.
Contoh ablasi adalah seperti yang saya jelaskan diatas yaitu tanah dan batuan di lereng gunung yang diterpa aliran air.
2. Deflasi
Pengertian deflasi adalah erosi yang disebabkan oleh terpaan angin yang mengikis tanah, batu atau material permukaan bumi.
Contoh deflasi adalah tanah dan batuan di lereng gunung yang diterpa angin pegunungan.
3. Korosi
Pengertian korosi adalah erosi yang disebabkan oleh terpaan angin yang membawa material atau butiran pasir yang kemudian mengenai batuan, maka selanjutnya akan terjadi pengikisan dan pelapukan.
4. Abrasi
Pengertian abrasi adalah erosi yang disebabkan oleh aktivias gelombang air laut yang mengikis tanah dan batuan di bagian tepi pantai.
5. Eksarasi
Pengertian eksarasi adalah erosi yang disebabkan oleh aliran air es yang mencair. Aliran air yang mencair ini dalam perjalanan mengalirnya akan mengikis material yang dilewatinya.
Demikianlah tentang Jenis Erosi : Ablasi, Deflasi, Korosi, Abrasi, Eksarasi...Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :