Ciri-Ciri Tenaga Kesehatan Profesional

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kita sering mendengar istilah profesional, apa tho itu profesional...?
Pengertian profesional adalah suatu sifat yang melekat pada seorang anggota profesi yang mencakup kemampuan dan kemahiran dalam menjalankan profesinya disertai dengan sikap moral yang tinggi.
Ciri seorang tenaga kesehatan yang profesional adalah adalah sebagai berikut :
1. Bertindak dan berpenampilan ideal.
Bertindak atau berperilaku dan berpenampilan ideal ini sesuai dengan kaidah-kaidah yang diatur dalam profesinya. Jika profesi mengatur anggotanya untuk bersikap ramah kepada pasien maka setiap anggota profesi harus melaksankan sebagai wujud tindakan profesional.
2. Mejaga nama baik profesi
Menjaga nama baik profesi adalah tindakan yang mengedepankan pada moral tinggi sehingga dapat membawa nama baik profesi. Nama baik profesi mutlak berada pada anggotanya, sehingga wajib bagi anggota profesi bertindak semaksimal mungkin untuk menjaga nama baik profesi.
3. Selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan
Perkembangan ilmu pengetahuan itu dinamis yang akan selalu bergerak maju, sehingga seorang tenaga kesehatan harus mampu mengikutinya untuk mencapai peningkatan kemampuan dan pengetahuan. Anda mau dibilang tenaga kesehatan yang bodoh tak berkemampuan dan tak bisa apa-apa...?
4. Melaksanakan kode etik profesi dan kompetensi
Kode etik dan kompetensi mutlak ada dan harus dijalankan oleh seorang anggota profesi. Saat ini sering kita dengar kata “TERKUN” atau Dokter Dukun... bahkan saya pernah melihat dimedia televisi ada seorang dokter mengatakan dengan bangga tentang istilah “TERKUN” ini...mungkinkah dokter dukun ini mencerminkan sikap profesional, mungkinkan “TERKUN” ini tertuang dalam kode etik dan kompetensi...?
5. Bekerja dengan standar yang tinggi
Bekerja dengan standar yang tinggi adalah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, jauh dari kata ceroboh dan menyepelekan. Banyak kasus yang menjerat tenaga kesehatan dikarenakan tidak bekerja dengan standar tinggi. Anda mau terjerat kasus...? Silahkan coba saja dengan bekerja ceroboh dan menyepelekan...!
Cukup sekian penjelasan singkat saya tentang Ciri-Ciri Tenaga Kesehatan Profesional...semoga bermanfaat...terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :