Kumpulan Ciri Khusus atau Kelebihan Hewan Dan Tumbuhan

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Hewan dan tumbuhan disekitar kita banyak yang memiliki ciri khusus unik, berikut ini adalah hewan dan tumbuhan yang memiliki ciri khusus yang menarik untuk kita ketahui.
1. Cicak dan Tokek memiliki kaki lengket
Telapak kaki tokek dan cicak memiliki pelekat dengan bulu-bulu halus sehingga membuatnya lengket dan mampu berjalan pada dinding yang tegal lurus dan merayap pada bidang datar dengan terbalik.
2. Kelelawar memiliki telinga yang sensitif terhadap getaran
Kelelawar merupakan hewan malam tetapi bukan mata yang digunakan untuk pergerakannya karena mata kelelawar kecil dengan kualitas penglihatan rendah. Normalnya dengan kondisi tersebut maka kelelawar akan menabrak jika terbang malam hari. Dengan menggunakan telinga lebarnya yang sensitif terhadap getaran maka kelelawar mampu beraktivitas pada malam hari dengan baik. Kemampuan menerima getaran ini disebut ekolokasi. Kelelawar mampu menerima getaran ultrasonik dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz.
3. Angsa dan Bebek mampu berenang dengan baik dengan kakinya
Jenis unggas tertentu mampu berenang dengan baik di air meskipun hidupnya di daratan. Contohnya adalah angsa dan bebek yang mampu berenang di air, hal ini dikarenakan kaki angsa dan bebek memiliki selaput. Ayam tidak memiliki selaput pada kakinya sehingga tidak dapat digunakan untuk berenang yang berbeda dengan angsa dan bebek.
4. Punuk Unta mampu menyimpan air
Unta hidup di daerah dengan cadangan air yang rendah, misalnya di padang pasir. Tanpa punuk yang mampu menyimpan cadangan air maka unta akan kekurangan air.
5. Bunglon memiliki lidah panjang penangkap mangsa
Selain mampu mengubah warna kulit (mimikri) untuk penyamaran, bunglon jenis tertentu juga mampu menjulurkan lidah panjangnya untuk menangkap mangsa. Serangga-serangga yang mendekat akan ditangkap dengan lidah bukan dengan kakinya, sehingga tanpa pergerakan mangsa dapat ditangkap dari jauh.
6. Burung Hantu memiliki mata yang tajam
Mata burung hantu ini sangat istimewa, dengan bentuk yang besar dan letak didepan serta pergerakan leher yang mampu berputar membuatnya mampu melihat segala arah. Mata besar burung hantu ini mampu menangkap dan menyerap cahaya sehingga dimalam hari burung ini dapat melihat dengan jelas untuk berburu. Ditambah dengan telinga yang sensitif maka lengkaplah burung hantu ini sebagai pemburu malam.
7. Ular memiliki indra pencium tajam
Anda pernah melihat ular sering menjulurkan lidahnya...? Lidah ular merupakan alat yang digunakan sebagai penciuman, jadi ular tidak menggunakan hidungnya. Penciuman ular dengan menjulurkan lidahnya ini sangat tajjam sehingga mampu mendeteksi bahaya maupun mangsa disekitarnya.
8. Kaktus memiliki batang untuk menyimpan air
Sama seperti unta yang mampu menyimpan cadangan air pada punuknya, kaktuspun mampu menyimpan cadangan air yaitu pada batangnya. Kaktus yang habitat aslinya adalah daerah kering dan panas menggunakan batangnya untuk menyimpan air sehingga pada musim panas dapat dipergunakan untuk hidupnya. Batang kaktus ini mampu menyimpan air yang dapat digunakan untuk melalui dan mencukupi kebutuhan air kaktus hingga dua tahun lamanya.
9. Stomata pada daun teratai
Teratai hidup diatas air, sehingga kebutuhan air yang berlebih ini dibuang melalui stomata yang ada didaun teratai pada proses penguapan. Dengan stomata ini maka penguapan bisa berlangsung dengan cepat sehingga kebutuhan air teratai dapat terkontrol dan disesuaikan dengan kebutuhan. Batang teratai juga punya keunikan yaitu mempunyai banyak pori yang dipergunakan untuk keluar masuk udara. Dengan pori-pori dibatang ini, meskipun teratai terendam air masih bisa bernapas.
10. Kantung Semar memiliki kantung penjebak
Kantung pencebak ini berbentuk corong dengan dinding licin dan cairan di dalam corong. Mangsa akan tertarik dengan cairan dikantong ini sehingga akan mendekati yang kemudian tergelincir dan masuk. Karena licin maka mangsa tidak akan dapat keluar sehingga akan mati didalam cairan corong.
11. Bunga bangkai mengeluarkan bau busuk menyengat
Bunga bangkai tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri sehingga membutuhkan batuan dalam penyerbukannya. Lalat yang suka dengan bau menyengat akan datang dan hinggap ke bunga sehingga secara alami akan membantu pada penyerbukan bunga bangkai. Contoh bunga bangkai ini adalah bunga raksasa Rafflesia Arnoldii.
Itulah beberapa Kumpulan Ciri Khusus atau Kelebihan Hewan Dan Tumbuhan yang ada disekitar kita...semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :