Anggrek Kebutan (Ascocentrum Miniatum)

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Anggrek Kebutan (Ascocentrum Miniatum)
Jenis anggrek ini mempunyai bunga yang sangat menarik dengan warna yang sangat mencolok, yaitu orange. Satu tangkai bunga terdiri dari beberapa kuntum bunga yang memiliki ukuran kecil. Warna yang cerah (orange) dan kecilnya ukuran satu kuntum bunganya adalah salah satu daya tarik tersendiri bagi anggrek kebutan ini. Bunga yang berkarakter inilah yang memudahkan dalam identifikasi anggrek ini, jika dibandingkan dengan anggrek lain.
Penyebaran anggrek ini cukup luas di seluruh Jawa, dari dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu pada ketinggian 0-1200 m dpl. Selain di Jawa, anggrek ini juga sempat dijumpai tersebar luar dari Himalaya melalui Thailand, Semenanjung Malaysia dan Pulau Sumatera. Selain itu anggrek ini juga ditemukan di hutan jati di daerah yang lembab.
Nasibnya sama dengan anggrek selop , keindahan bunganyalah yang menyebabkan kehidupan anggrek ini sangat terancam di alam atau habitat aslinya. Berdasarkan status kelangkaannya Ascocentrum Miniatum merupakan salah satu jenis anggrek langka yang masuk dalam daftar CITES Appendix II. Pelestarian anggrek ini mutlak diperlukan untuk menjaga keberadaannya di alam Indonesia tercinta.
Kecantikan bunga anggrek Ascocentrum Miniatum atau bahasa daerahnya anggrek kebutan, akan dapat tampil lebih maksimal dan menawan bila diiringi perawatan yang sempurna. Mahkota bunga yang berwarna cerah dan tegas yaitu orange akan dapat ditampilkan lebih bagus bila kondisi tanaman anggrek sehat tanpa serangan hama tanaman.
Penyiraman dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari. Pemupukan dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu. Pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mempunyai kandungan (P) tinggi. Disemprotkan setiap sore hari dengan dosis 1 gram per liter. Pemakaian insektisida juga perlu diberikan untuk menanggulangi penyakit pada tanaman anggrek ini.
Tampilan bunga dengan pilihan warna yang dapat menyegarkan mata penikmatnya, tentu adalah satu momen yang ditunggu-tunggu. Tidak ada salahnya kita mengetahui berapa lama waktu kita, untuk dapat menikmati mekarnya bunga yang telah kita nanti. Bunga kuncup : 6-10 hari, Bunga mekar : 8-12 hari, Bunga layu : 4-6 hari setelah self pollination (Bunga).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :