Menurut Edberg (2007), Health Belief Model (HBM) merupakan teori yang paling luas digunakan. HBM dicetuskan pada tahun 1950-an berkata penelitian psikolog sosial dari U.S Public Health Service yakni Godfrey Houchbaum, Irwin Rosenstock, dan Stephen Kegeles. HBM dalam promosi kesehatan harus memperhatikan komponen-komponen atau konstruksi yang merupakan pengungkit bagi faktor yang mempengaruhi prilaku.
Komponen-komponen model hubungan kesehatan dengan kepercayaan HBM adalah :
a) Persepsi Kerentanan
Derajat risiko yang dirasakan seseorang terhadap masalah kesehatan.
b) Persepsi Keparahan
Tingkat kepercayaan seseorang bahwa konsekuensi masalah kesehatan yang akan semakin parah.
c) Persepsi Manfaat
Hasil positif yang dipercaya seseorang sebagai hasil dari tindakan.
d) Persepsi Hambatan
Hasil negatif yang dipercayai sebagai hasil dari tindakan.
e) Petunjuk untuk Bertindak
Peristiwa eksternal yang memotivasi seseorang untuk bertindak
f) Efikasi Diri
Kepercayaan seseorang akan kemampuan dalam melakukan tindakan.