Tips Agar Anak Jadi Nurut dan Patuh

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Kita sebagai orang pasti merasa jengkel, kecewa bahkan menjadi bersedih hati jika si kecil susah diatur, tidak nurut dan tidak patuh pada orang tua.
Jika anda mengalami hal ini anda harus mengambil langkah-langkah untuk menanganinya, jangan sampai kebiasaan dan sifat anak ini berlanjut dan terbawa hingga dewasa karena anda pasti akan rugi sendiri.
Banyak kan contohnya disekitar kita, anak yang tidak menghormati orang tuanya, keberadaan dan omongan orang tua tidak digubris..
Berikut ini tips agar anak menjadi penurut dan patuh :
1. Luangkan waktu bermain dengan anak.
Jika anda sibuk minimal sabtu minggu harus meluangkan waktu, misalnya ajak anak anda bermain ditaman rumah, ke sawah, kesungai, atau yang berbau dengan alam. Jangan biasakan anak bermain di mall karena bisa saja anak akan mempunyai sifat konsumtif kelak.
2. Ajak komunikasi anak
Komunikasi disini adalah komunikasi ringan dengan diselingi candaan..lakukan ini disetiap hari.
3. Nasehati anak dengan kata lembut
Anak akan merasa nyaman jika kita menasehati dengan kata lembut, tentunya dengan bahasa yang mudah dimengerti anak.
4. Kurangi bermain anak bersama teman sebayanya
Jangan anggap remeh yang satu ini, anak akan cenderung mencontoh lingkungannya baik itu cara bertindak maupun ucapannya.
5. Sediakan mainan dirumah
Mainan disini adalah mainan yang mendidik, meskipun itu tidak disukainya. Hindari game online karena bisa saja anak menjadi tidak terkontrol.
Hindari juga terlalu banyak nonton atau anak berada didepan tv apalagi yang menjadi tontonan berbau kekerasan dan negatif.
6. Tanamkan nilai-nilai agama sejak dini
Misalnya kalo adik berkata demikian maka Allah akan marah dll..ajak pula anak pergi ke masjid karena disitu anak diajarkan adab untuk tenang dan tidak berisik.
7. Berikan hadiah secara berkala
Hadiah ini bisa berupa mainan kesukaan, makanan kesukaan dll..berikan sebulan sekali, tentunya dengan pemberian penjelasan mengapa sikecil diberi hadiah.
8. Jangan biasakan anak jajan
Sekali tempo sich nggak apa-apa tapi kalo tiap hari dan menjadi kebiasaan maka suatu ketika tidak beli jajan maka anak akan marah dan mulai tidak nurut. Maka sediakan jajanan dirumah, jajanan yang baik misalnya buah.
9. Berikan hukuman yang keras sekali tempo
Jika anak sudah keterlaluan maka ada kalanya kita berikan hukuman yang keras..
Misalnya membentaknya, mencubit atau memukulnya. Tentunya hal ini masih dalam batas kewajaran dan tidak membuat anak trauma. Saya sangat menentang sekali jika ada orang tua yang berucap "sedikitpun saya tidak pernah memarahi dan memukul anak saya". Ini adalah bumerang jika anda melakukannya..sifat bawaan manusia tidak serta merta menjadi baik bahkan cenderung jahat, jika anak dimanja dan dibiarkan maka akan celaka. Jangan tertipu dengan rasa "kasih sayang" yang salah. Coba anda berpikir kebelakang, ingat-ingat apakah pernah merasakan kerasnya orang tua. Pasti..karena orang tua jaman dulu bisa dibilang sangat keras terhadap anaknya tapi hasilnya oke..ada teman saya dia jadi pengusaha sukses dan kakaknya bisa jadi jenderal, dia berkata "ini hasil didikan yang keras dan tegas dari ibu saya".
Tips ini adalah pengalaman pribadi saya dan juga hasil diskusi dengan rekan saya..semoga bermanfaat dapat menjadikan sikecil menjadi anak yang baik, penurut, patuh dan menghormati orang tua..dan kelak akan menjadi kebanggaan orang tuanya.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :