Pembelahan Mitosis dan Tahapannya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Pembelahan mitosis adalah proses pembelahan inti sel menjadi dua inti sel baru, melalui tahap-tahap tertentu, dan menghasilkan sel anak dengan jumlah dan jenis kromosom yang sama dengan sel induknya.
Dari satu sel menjadi dua sel anak yang identik, setiap sel anak mewarisi kromosom yang sama banyaknya dengan kromosom induknya. Jika sel induk memiliki 2n kromosom, setiap sel anak juga memiliki 2n kromosom.
Tahapan pembelahan mitosis terdiri dari profase, metafase, anafase dan telofase :
1. Profase
Profase adalah fase awal pembelahan. Pada fase ini kromosom mulai memendek, menebal, dan masing-masing saling berpasangan (2n) yang terdiri dari dua benang. Pada fase ini, membran inti masih nampak.
2. Metafase
Pada fase ini, membran inti melebur. Kromosom berkumpul di bidang ekuator di tengah sel. Kromosom memperbanyak diri sehingga setiap kromosom terdiri terdiri dari dua kromatid. Pada saat ini dapat dikatakan bahwa sel memiliki 4n kromosom.
3. Anafase
Pada fase ini, kromosom memisahkan diri menjadi dua bagian yang sama, masing-masing bergerak menuju kearah kutub sel yang saling berlawanan. Jadi, 2n kromosom bergerak ke kutub yang satu, dan 2n kromosom yang lain bergerak ke kutub yang lain.
4. Telofase
Kromosom sampai dikutub masing-masing. Kemudian terbentuk membran inti yang mengelilingi kelompok kromosom. Antara kedua inti yang baru terbentuk itu, muncul membran pemisah. Kemudian terbentuklah membran sel anak tersebut. Maka lengkaplah sudah proses pembelahan mitosis, dari satu sel menjadi dua sel anak. Setiap sel anak memiliki 2n kromosom.

Sumber :
Istamar Syamsuri, dkk, 2007, IPA BIOLOGI, untuk SMP Kelas IX, Penerbit Erlangga : Jakarta

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :