Pengertian dan Macam Air Limbah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Air limbah atau air buangan adalah sisa air yang dibuang yang berasal dari rumah tangga, industri, tempat-tempat umum, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang dapat membahayakan bagi kesehatan manusia serta mengganggu lingkungan hidup.
Macam-Macam Air Limbah adalah :
1. Air Limbah Rumah Tangga (domestic wastes water) 
Air limbah ini berasal dari rumah tangga, misalnya pemukiman penduduk. Jenis air buangan limbah rumah tangga adalah bekas kamar mandi, dapur yang terdiri dari bahan organik.
2. Air Limbah Industri (industrial wastes water)
Air limbah ini berasal dari industri, misalnya dari pabrik. Jenis air buangan limbah industri ini berasal dari proses produksi pabrik, pada umumnya jenis limbah ini berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan jika dibuang begitu saja tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Sering kita dengar kan akibat limbah industri ini mengakibatkan kerusakan lingkungan dan ekosistemnya. Pengawasan dan pengaturan untuk jenis limbah industri ini harus ketat agar kerusakan lingkungan dapat dicegah.
3. Air Limbah Kotapraja (municipal wastes water)
Air limbah ini berasal dari fasilitas umum, contohnya perkantoran, sekolah, restoran, hotel dan lain-lain. Jenis air limbah ini pada umumnya sama dengan jenis limbah rumah tangga.
Salah satu faktor terbesar kerusakan lingkungan kita sekarang ini adalah karena sistem limbah yang kurang baik, kita mendengar pernyataan pelaku industri yang menyatakan bahwa limbah yang dibuang sudang sesuai dengan ambang aman, namun kenyataannya banyak sekali sungai-sungai, persawahan terutama dikota-kota besar industri tercemar dan mengakibatkan kerusakan lingkungan. 
Memang kita maklumi bahwa pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari tingginya pertumbuhan industri, akan tetapi jika dampak yang dihasilkan berupa air limbah yang berbahaya adalah rusaknya lingkungan dan kesehatan manusia, maka sebetulnya kerugianlah yang menanti kita. Jalan tengah terbaik adalah adanya kesadaran pelaku industri dan pengawasan ketat dari pemerintah terhadap air limbah sehingga lingkungan tetap seimbang meskipun ada air limbah.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :