Obat Antihipertensi, Obat Antihipotensi, Obat Antihistaminik

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Obat Antihipertensi adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berapa Tekanan darah normal ? Tekanan darah normal adalah 120 per 80 mm Hg artinya sistole 120 mm Hg dan diastole 80 mm Hg.
Hipertensi Ringan adalah 160 per 90 mm Hg dan 180 per 105 mm Hg. Hipertensi tinggi atau besar adalah lebih dari 180 per 105 mm Hg. Penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi antara lain adalah Emosi, Ketegangan dan Kesibukan yang tinggi.
Selain itu perubahan viskositas darah dan kekenyalan dinding arteri dapat pula menaikkan tekanan darah, hal ini disebabkan oleh naiknya kadar kolesterol karena banyak makan lemak. 
Contoh obatnya adalah : Furosemidum (Lasix), Reserpinum (Serpasil), Metildopa, Betanidin Sulfas.
Obat Antihipotensi adalah obat yang digunakan untuk menaikkan tekanan darah rendah. Contoh obatnya adalah : Aethylphenylephrini Hydrochloridum (Effortil).
Obat Antihistaminik adalah obat yang digunakan untuk melawan atau memblokir pekerjaan histamin, oleh karena itu dapat menyembuhkan alergi dan anafilaktik. Efek ikutan obat ini adalah menidurkan. 
Gejala alergi berkisar dari gatal (urticaria, eczema), demam. Anafilaksi berarti ana = tanpa, filaksi = perlindungan. Alergi ditimbulkan oleh protein tertentu yang masuk peredaran darah badan.
Contoh obatnya adalah : Antazolini Hydrochloridum (Antistin), CTM (Pehachlor, Chlorpheniramini maleas), Clemastinum, Mebhydrolini Napadisylas (Incidal).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :