Obat Antihemoragik, Obat Antihipertiroid, Obat Antihipotiroid

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Obat Antihemoragik adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan menghentikan perdarahan. Istilah lainnya adalah koagulansia atau haemostatik.
Jenis obat antihemoragik digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu :
1. Haemostatika yang diserap membentuk jaring-jaring benang halus yang dapat memacu penjendalan. Contoh obatnya adalah CaAlginat (Calgitex) dan absorable gelatine sponge (busa gelatin).
2. Haemostatika yang dipakai per os atau injeksi. Contoh obatnya adalah Menadionum (Vit K), Adrenochrom Monosemicarbasonum, Ethamsylate, Hisperidine.
3. Haemostatika dengan preparat dari darah manusia. Contoh obatnya Whole Human Blood, Human Fibrin Foam, Human Fibrinogen, Human Thrombin.
Obat Antihipertiroid adalah obat yang digunakan untuk menahan produksi hormon tiroid pada hiperfungsi kelenjar tiroid atau hipertiroidisma. Contoh obatnya adalah : Propythioracilum, Methyl thiouracilum, Carbamizolum.
Obat Antihipotiroid adalah obat yang digunakan untuk terapi substitusi dari hipofungsi tiroid, gejalanya adalah mata berbentuk kecil, muka bengkak dan pucat. Contoh obatnya adalah : Thyroidum, Natrii Levothyroxinum.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :