Anak Gemuk Belum Tentu Sehat

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :
Anak yang gemuk terlihat menyenangkan dan juga sering kita anggap sehat dan kecukupan asupan gizinya, namun sebaiknya hati-hati jika anak anda memiliki berat badan berlebih, karena kegemukan pada anak belum tentu anak itu sehat.
Hampir 60% anak dengan hipertensi persisten memiliki berat badan obesitas. Selain itu, dari data the Third National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES III), dilaporkan bahwa anak obesitas memiliki risiko 2,9 kali lebih tinggi menderita diabetes tipe 2 dibandingkan yang tidak obesitas. Hal itu berkaitan dengan resistensi insulin dan ukuran sel lemak tubuh.
Terdapat banyak bukti adanya hubungan antara obesitas dan penyakit jantung. Data Framingham menyokong hubungan obesitas dan penyakit jantung setelah pengamatan selama 26 tahun. Anak obesitas mempunyai risiko 3,3 kali lebih tinggi menderita penyakit jantung koroner.
Anak obesitas juga dicurigai dapat mengalami OSAS (Obstructive Sleep Apnea Syndrome) dengan ditandai ditemukannya gejala mendengkur (snoring) pada anak.
Obesitas juga dapat mempengaruhi faktor kejiwaan pada anak yaitu kurang percaya diri. Anak menjelang remaja yang mengalami obesitas cenderung pasif dan mengalami depresi. (Dokter Kita).

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :